Pembukaan pendaftaran bakal calon kepala daerah di Pasaman Barat ramai peminat

id Pilkada Serentak,Pilkada 2020,Pilkada Pasaman Barat

Pembukaan pendaftaran bakal calon kepala daerah di Pasaman Barat ramai peminat

Salah seorang tokoh muda Pasaman Barat, Syamsiwan Rangkayo Mudo saat mendaftar di PDIP untuk persiapan Pemilu 2020 pada Senin (11/11). (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Pembukaan pendaftaran bakal calon kepala daerah di sejumlah Partai Politik Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) ramai peminat.

"Sampai hari ini ada sekitar 17 orang yang mengambil formulir pendaftaran ke Gerindra," kata panitia penerimaan bakal calon kepala daerah Partai Gerindra Pasaman Barat, Saiful di Simpang Empat, Senin.

Ia mengatakan pihaknya membuka seluas-luasnya kesempatan kepada para tokoh, politikus dan warga Pasaman Barat yang ingin maju menggunakan "kendaraan" Gerindra pada Pemilu 2020.

"Tidak hanya kader yang diberikan kesempatan tetapi juga diluar kader banyak yang mengambil formulir," ujarnya.

Pihaknya sudah menutup pendaftaran dan menunggu tahapan selanjutnya yakni mengembalikan formulir dan akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi misi.

"Tentu putusan tetap DPP Gerindra berdasarkan hasil survei nantinya," katanya.

Diantara bakal calon bupati yang mendaftar adalah Syahnan, Yulianto, Hamsuardi, Yunisra Syahiran, Erianto, Denika Saputra, Rosdi, Adriwilza dan sejumlah tokoh lainnya.

Sementara sekretaris panitia penerimaan bakal calon kepala daerah dari Partai Nasdem, Kasmanedi membenarkan minat masyarakat untuk bertarung pada Pemilu 2020 cukup timggi.

"Untuk Nasdem Pasaman Barat ada sekitar tujuh yang mendaftar dan semua yang mendaftar sudah menyanpaikan visi misi," katanya.

Ketujuh orang itu adalah Syahnan, Marta Gunawan, Edri Syahrinal, Hamsuardi, Syafrijon, Ahmad Namlis dan Maizelan.

"Keputusannya tetap di DPP setelah Nasdem mengusulkan tiga bakal calon setelah dilakukan interview dan survey interent partai," katanya.

Ketua DPC PDIP Pasaman Barat, Dedi Lesmana mengatakan Hhingga solar masuk kembali esok hari dari pertamina hingga saat ini sudah ada empat nama kandidat bakal calon yang mendaftar dari non kader yakni Syahnan, Marta Gunawan, Zainir dan Syamsiwan Rangkayo Mudo.

Sedangkan dari kader sendiri hingga saat ini belum ada yang mendaftar.

"Pembukaan pendaftaran akan kita lakukan sampai akhir Desember nanti. Kita memberikan peluang yang sama baik dari kader maupun non kader," ujarnya.