Lantamal II gelar upacara tabur bunga di Laut Padang peringati Hari Pahlawan

id Padang,hari pahlawan,lantamal II

Lantamal II gelar upacara tabur bunga di Laut Padang peringati Hari Pahlawan

Wakil Komandan Lantamal II Koloner Marinir Wurjanto, saat melaksanakan upacara tabur bunga memperingati Hari Pahlawan, di Padang, Minggu (10/11). (ANTARA/FathulAbdi)

Padang, (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II melaksanakan upacara tabur bunga di perairan Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November.

"Tabur bunga di laut merupakan salah satu bentuk penghormatan bagi para pejuang yang gugur dalam memperjuangkan cita-cita merdeka," kata Wakil Komandan Lantamal II Koloner Marinir Wurjanto, di Padang, Minggu.

Pada upacara tersebut Wurjanto sekaligus juga bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Ia mengatakan tabur bunga dilakukan karena ada pahlawan yang gugur di laut saat perang melawan penjajah.

Sehingga juga perlu dikenang di samping melakukan ziarah di Taman Makam Pahlawan.

Upacara tabur bunga dilaksanakan langsung di atas kapal perang TNI AL yakni KRI Kelabang-826 di Perairan Teluk Bayur.

Kegiatan yang dihadiri oleh Forkompinda Sumbar, GM Pelindo, KA SOP Teluk Bayur, Kasatker Danlantamal, dan lainnya itu berlangsung dengan khidmat.

Pada peringatan hari pahlawan nasional tersebut Wadan Lantamal Padang juga mengajak generasi muda berjuang dan menjadi pahlawan untuk diri sendiri.

Generasi muda sebagai penerus bangsa harus bisa menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa, serta mencegah timbulnya perpecahan.

"Berkaca pada perjuangan merebut kemerdekaan, itu bisa diraih karena masyarakat bersatu demi memperjuangkan cita-cita merdeka," katanya.

Dalam konteks kekinian, ia juga memesankan para generasi muda tidak mudah terpengaruh hoaks, narkoba, dan perbuatan melawan hukum lainnya.