Jamalidin Novardianto tercepat di etape VIII TdS 2019

id Tds219

Jamalidin Novardianto tercepat di etape VIII TdS 2019

Pemenang etape VIII, Jamalidin Novardianto. (ANTARA/Miko Elfisha)

Painan (ANTARA) - Pembalap Tim PGN Jamalidin Novardianto menjadi yang tercepat pada etape VIII Tour de Singkarak 2019 yang menempuh jarak 212,9 kilometer dari Kota Sungai Penuh Jambi menuju Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Ia berhasil mencapai finish pertama dengan catatan waktu 5 jam 04 menit 46 detik, sama dengan catatan waktu pembalap Rustom Lim dsri tim 7eleven Cliqq Air21 by Roadbike Philippines.

Sementara posisi tiga ditempati pembalap Jesse Ewart dari tim Sapura Malaysia yang mencatatkan waktu tempuh 5 jam 05 menit 56 detik.

Adu kecepatan sengit terjadi pada 35 meter terakhir antara tiga pebalap. Pemenang baru didapatkan pada tiga meter terakhir.

Etape kali ini memiliki lintasan yang sangat panjang, tetapi kondisi jalan dari Sungai Penuh menuju Pesisir Selatan adalah yang terbaik hingga etape VIII.

Bahkan selepas perbatasan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) di Pesisir Selatan, kondisi jalan amat mulus tanpa cela sehingga pembalap bisa memacu sepeda.

Sambutan masyarakat Pesisir Selatan juga luar biasa. Ruang Terbuka Hijau Painan yang menjadi lokasi finish dipenuhi ribuan masyarakat sejak siang.

Etape VIII adalah etape pertama yang melintasi dua provinsi sekaligus yaitu Sumbar dan Jambi. Itu menjadi yang pertama dalam 11 kali pelaksanaan Tour de Singkarak sejak 2009.

Sebelumnya pada etape VII digelar balapan di Kerinci, Jambi. Tetapi lintasannya hanya dalam satu kabupaten itu yaitu dari Air Terjun Timbulun Kayu Aro menuju Dermaga Danau Kerinci.

Esok menjadi etape pamungkas Tour de Singkarak 2019 dengan start di Pantai Carocok Painan dan finish di Danau Cimpago, Padang.***3***