Dinas Pangan Tanah Datar bagikan 10.000 bibit tanaman produktif ke masyarakat

id tanaman gratis,Tanah Datar

Dinas Pangan Tanah Datar bagikan 10.000 bibit tanaman produktif ke masyarakat

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar Daryanto Sabir menyerahkan secara simbolis tanaman pangan produktif kepada Tim Penggerak PKK setempat Jum'at (8/11) (Antara/Etri Saputra)

​​​​​​​Batusangkar,  (ANTARA) - Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, menyerahkan sebanyak 10.000 bibit tanaman pangan produktif berbagai jenis guna meningkatkan ekonomi dan dapat dikonsumsi langsung oleh masyarakat setempat.

"Bibit itu dibagikan kepada warga secara gratis untuk ditanam di halaman rumah dan diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat maupun untuk dikonsumsi secara langsung," kata Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Daryanto Sabir di Batusangkar Jum'at.

Ia mengatakan dari 10.000 bibit yang telah disediakan tersebut diantaranya adalah bibit cabe merah, tomat, terong dan bibit seledri.

Bibit yang disediakan itu disediakan melalui kegiatan Obor Pangan Lestari (OPAL) 2019 yang dilaksanakan lansung oleh Dinas Pangan dan Perikanan setempat.

Bibit tersebut akan diserahkan kepada masyarakat melalui kelompok-kelompok dasawisma berprestasi ataupun melalui Tim Penggerak PKK Tanah Datar.

"Semoga nantinya warga Tanah Datar dapat memanfaatkan lahan kosong pekarangan mereka untuk ditanami bibit tersebut, dan jika dirawat bisa sebagai sumber pangan dan gizi bagi keluarga," ujarnya.

Kasie Konsumsi Keanekaragaman Pangan Eva Yusda, mengatakan melalui kegiatan OPAL 2019 itu pihaknya telah menyediakan beberapa bibit yang bisa ditanam dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

Diantaranya bibit cabe merah sebanyak 6000 bibit, tomat 1500 bibit, terong 2700 bibit, dan seledri 600 batang, yang akan diserahkan kepada masyarakat melalui kelompok dasawisma.

Sementara Tim Penggerak PKK Tanah Datar yang diwakili Pengurus PKK Ermaneli, mengucapan terimakasih atas kerjasama yang dilakukan Dinas Pangan dan Perikanan yang telah mendukung program PKK yaitu dengan memanfaatkan lahan pekarangan
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar