Olivier Ntcham cetak gol penentu, Celtic dan Sevilla melenggang ke fase gugur

id Celtic,Sevilla,babak grup Liga Europa

Olivier Ntcham cetak gol penentu, Celtic dan Sevilla melenggang ke fase gugur

Penyerang Sevilla Munir El Haddadi. (AFP/JOHN THYS)

Paris, Prancis, (ANTARA) - Olivier Ntcham mencetak gol penentu kemenangan yang dramatis untuk membawa Celtic menang 2-1 atas Lazio Jumat dini dini hari serta mengantarkan juara Liga Skotlandia itu ke babak 32 besar Liga Europa.

Tim asuhan Neil Lennon itu memuncaki Grup E dengan masih menyisakan dua pertandingan setelah tujuh poin di atas Lazio yang menempati peringkat ketiga klasemen grup ini setelah dua kali menang berturut-turut atas klub berbasis di Roma itu.

"Menyenangkan bisa lolos dengan masih menyisakan dua pertandingan," kata Lennon kepada uefa.com. "Masih terlalu dini mengatakan seberapa jauh kami bisa melangkah dalam kompetisi ini tetapi kami bisa menjadi lawan yang sulit untuk siapapun."

Ciro Immobile membawa tim tamu unggul dengan tendangan voli pada menit ketujuh, tetapi James Forrest menyamakan kedudukan sebelum babak pertama selesai dengan gol kesebelasnya musim ini.

Kedua tim menyianyiakan peluang pada babak kedua sebelum Ntcham si gelandang asal Prancis mencetak gol penentu kemenangan Celtic setelah memanfaatkan umpan manis dari rekan senegaranya Odsonne Edouard pada menit kelima masa injuri.

"Realistis saja kami hanya punya peluang kecil untuk lolos," kata pelatih Lazio Simone Inzaghi.

Ini untuk tiga musim berturut-turut Celtic yang juara Eropa pada 1967 mencapai 32 besar Liga Eropa setelah dikalahkan Valencia dan Zenit Saint Petersburg pada dua pertemuan sebelumnya.

Pada pertandingan lainnya grup ini CFR Cluj tinggal satu poin untuk lolos ke babak gugur setelah menaklukkan Rennes 1-0 di Rumania.

Mantan pemain sayap Barcelona Munir El Haddadi menciptakan hatrik ketika Sevilla menelan Dudelange 5-2 untuk mencapai babak gugur.

Sevilla yang juara lima kali kompetisi ini sudah tahu kemenangan di Luksemburg akan mengantarkan mereka menjuarai Grup A dan sekaligus lolos ke fase knockout.

Munas Dabbur membuka gol sebelum digandakan El Haddadi yang dibeli dari Barcelona Januari lalu. Pemain berusia 24 tahun itu kemudian menciptakan gol mempesona pada menit ke-33 yang disusul dengan gol kedua Dabour sehingga sebelum babak pertama usai Sevilla sudah unggul 4-0. Pada menit ke-66 Sevilla menjadikan kedudukan menjadi 5-0 setelah El Haddadi menciptakan gol ketiganya dalam laga itu.

Dua gol Danel Sinani menjadi pelipur lara untuk tuan rumah yang masih berpeluang lolos karena meski menduduki peringkat terbawah namun hanya satu poin di bawah APOEL dan Qarabag setelah APOEL menang 2-1 melawan Qarabag di kandangnya di Nicosia.

PSV Eindhoven, juara edisi 1978, menelan kekalahan memalukan 1-4 dari tim Austrian LASK Linz sehingga tergelincir ke posisi ketiga Grup D di belakang Sporting Lisbon yang menang 2-0 melawan Rosenborg.

Standard Liege menyalip Eintracht Frankfurt ke posisi kedua Grup F di bawah Arsenal setelah menang 2-1 melawan semifinalis musim lalu itu.

Manchester United bisa lolos ke fase gugur jika menang melawan Partizan Belgrade, demikian AFP. (*)