Pacu potensi daerah, Pemkab Tanah Datar gandeng LKBN Antara

id LKBN Antara,Tanah Datar gandeng LKBN Antara,potensi tanah datar

Pacu potensi daerah, Pemkab Tanah Datar gandeng LKBN Antara

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma melakukan penandatanganan nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Layanan Informasi Publik di Gedung Wisma Antara Jakarta, Kamis (7/11). (Antara/Humas Tanah Datar)

BatusangkarĀ  (ANTARA) - Kabutapen Tanah Datar, Sumatera Barat, menggandeng Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara untuk memperkuat pembangunan dan menyebarluaskan informasi daerah.

Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma di Gedung Wisma Antara Jakarta, Kamis, mengatakan keterbukaan informasi publik dapat mendongkrak partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah.

Keterbukaan publik juga akan meningkatkan perbaikan layanan, peningkatan kinerja, dan akuntabilitas program-program yang dijalankan bagi lembaga atau badan di daerah.

"Pembangunan potensi daerah baik pariwisata, pertanian dan lain sebagainya membutuhkan pelayanan informasi, komunikasi dan dokumentasi yang maksimal sehingga masyarakat jadi tahu dan terinformasikan dengan baik," katanya.

Hal itu dikatakannya pada penandatanganan nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Layanan Informasi Publik di Gedung Wisma Antara Jakarta, Kamis (7/11).

Ia mengatakan adapun bagi masyarakat keterbukaan informasi publik dapat memenuhi hak untuk mengetahui informasi yang ada, sehingga akan mendorong partisipasi aktif dalam pembangunan dari berbagai sektor.

Selain bekerjasama dengan LKBN Antara, informasi tentang Tanah Datar juga dapat diakses melalui beberapa media resmi pemkab yang dikelola Dinas Kominfo, seperti website, www.tanahdatar.go.id, www.ppidtanahdatar.go.id.

Selain itu http://infopublik.id, Radio Luhak Nan Tuo 102,5 fm, media sosial seperti facebook, instagram, twitter, dan youtube, spanduk dan baliho, videotron, informasi keliling dan kerjasama dengan berbagai media dibawah koordinasi humas dan protokol pemerintah daerah.

Sementara Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis Perum LKBN ANTARA, Hempi N Prajudi mengungkapkan melalui kerja sama layanan informasi publik, para pemimpin daerah bisa memberikan informasi terbaru perkembangan wilayahnya.

"Informasi di daerah bisa disebarkan melalui jaringan Antara sehingga investor bisa mengetahui wilayah di Indonesia yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Dengan dukungan pemangku kepentingan, program pemerintah bisa terwujud," katanya.

Kepala Dinas Kominfo Tanah Datar Abrar didampingi Kabid Komunikasi Informasi Publik Yendra Aprila mengatakan, untuk menindak lanjuti MoU dan PKS tersebut Pemkab Tanah Datar akan melakukan survey lokasi untuk rencana pemasangan videotron yang disediakan Antara.

"Kita akan segera lakukan survey di Kota Batusangkar untuk lokasi pemasangan videotron dan tempat-tempat fasilitas publik untuk media informasi Antara ini. Layanan ini ini terkoneksi dengan seluruh wilayah Indonesia bahkan dunia," katanya.

Media informasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk mempublikasikan informasi daerah baik berupa informasi pembangunan, pariwisata, UMKM, dan potensi daerah dan lainnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar