ACT bantu santri Sumbar lewat program Berisi

id ACT Sumbar,ACT bantu pesantren,Program Berisi,info sumbar,sumbar terkini

ACT bantu santri Sumbar lewat program Berisi

Penyaluran beras untuk santri di salah satu pesantren di Sumbar. (Dokumentasi ACT Sumbar)

Padang (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyalurkan bantuan untuk para santri yang berada di pelosok dan keterbatasan infrastruktur di Sumatera Barat melalui program Beras untuk Santri Indonesia (Berisi).

Kepala Cabang ACT Sumbar Zeng Wellf di Padang, Jumat, mengatakan program Berisi digagas agar bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk berperan membantu para santri di Indonesia dan mengangkat citra pesantren.

Lewat program itu diharapkan juga dapat membantu masyarakat mengenang kembali bahwa dulu banyak pahlawan nasional yang berjuang untuk Tanah Air berasal dari kalangan santri.

Program Berisi telah dijalankan oleh ACT Sumbar dengan menyalurkan beras untuk santri di Pesantren Perkampungan Minangkabau (Pesantren Shine Al-Falah) di Padang dan Pesantren Baiturridwan di Bukittinggi.

"Program Berisi di Sumbar sudah digerakkan, Kamis(31/10). Kami sudah salurkan beras untuk dua pesantren tersebut. Didistribusikan satu ton beras untuk masing-masing pesantren," kata Staf Program ACT Sumbar Aan Saputra.

Ia mengatakan Program Berisi akan dirutinkan untuk membantu memenuhi kebutuhan santri terutama bagi yang berada di pesantren yang masih membutuhkan uluran tangan para dermawan agar dapat berkembang.

Ketua Yayasan Pesantren Shine Al-Falah Samsul Akmal mengatakan merasa sangat terbantu berkat adanya beras yang diberikan untuk pesantren.

Di samping bantuan kebutuhan beras, pesantren tersebut juga masih membutuhkan dukungan infrastruktur supaya para santri dapat belajar dan istirahat dengan nyaman.

"Beras dari masyarakat yang disalurkan melalui ACT begitu memudahkan kami, kami sampaikan terima kasih untuk para dermawan yang telah memberikan perhatian kepada pesantren," katanya.