TMMD diharapkan mampu tingkatkan kemakmuran rakyat daerah terisolir

id Danlantamal II Padang,Dafit Santoso ,solok selatan,sumbar,sumatera Barat,TMMD solok selatan,TMMD ,TMMD di sumbar

TMMD diharapkan mampu tingkatkan kemakmuran rakyat daerah terisolir

Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso bersama Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria dan forkopimda setempat saat penutupan TMMD, Kamis.  (Antara Sumbar/Erik IA)

Padang Aro, (ANTARA) - Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) diharapkan dapat meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, khususnya di wilayah terisolir sebagai daerah sasaran program.

"Ini merupakan wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan lintas sektoral dengan harapan meningkatkan kemakmuran rakyat," kata Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso saat penutupan TMMD ke 106 di Padang Aro, Kamis.

Dia berharap, pembangunan yang telah terlaksana dalam program TMMD ke 106 itu dapat dipelihara agar supaya bertahan lama dan bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat sesuai fungsinya.

TMMD di wilayah Kodim 0309 Solok, dilaksanakan di Nagari Padang Limau Sundai, Kecamatan Sangir Jujuan.

Satgas TMMD beserta komponen masyarakat telah membangun infrastruktur pedesaan berupa pembukaan jalan baru penghubung Padang Limau Sundai dengan Talantam, Kecamatan Sangir Batang Hari sepanjang enam kilometer.

Selain itu juga dilakukan peningkatan badan jalan, pembangunan dan rehabilitasi jembatan, rumah ibadah serta perbaikan rumah tidak layak huni dan berbagai prasarana lain untuk masyarakat.

Seterusnya juga dilakukan pembangunan non fisik berupa penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pertanian, pendidikan, sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba dan lainnya.

"Seluruh kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan itu diharapkan memberi dampak positif bagi masyarakat terutama generasi muda sypaya memiliki karakter bangsa yang mampu mendorong tumbuhnya sikap cinta tanah air, pantang menyerah serta kompetitif demi kemandirian Indonesia," ujarnya.

Dia menambahkan, melalui semangat gotong royong semua pihak diminta agar terus membangun dan mengembangkan potensi desa masing-masing.

Selain itu juga dilakukan penyerahan bantuan rehab rumah sebesar Rp25 juta dari Kacab BRI solok, Rp45 juta dari PTPN VI dan pemberian piagam penghargaan pada Baznas Solok Selatan.

Seterusnya kepada PT Supreme Energi, Bank Nagari Cabang Lubuk Gadang, BRI Cabang Solok, PT.SJAL dan BPSJ, PT Perkebunan Nusantara VI oleh Bupati Solsel, Muzni Zakaria.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria mengatakan, keberadaan kegiatan TMMD yang diarahkan ke Nagari Padang Limau Sundai diharapkan dapat memberi motivasi pada masyarakat untuk mampu memanfaatkan potensi dan sumber dayanya dalam membangun sehingga berdampak positif bagi pemberdayaan masyarakat dalam membangun diri dan lingkungan secara swakarsa dan swasembada.

"Semua kegiatan yang dilaksanakan di lokasi TMMD ini diharapkan bermuara pada kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat," kata Muzni. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar