Persiapan tuan rumah Harganas, BKKBN gelar pelatihan kehumasan

id BKKBN Sumbar

Persiapan tuan rumah Harganas, BKKBN gelar pelatihan kehumasan

Sekretaris BKKBN Perwakilan RI Sumatera Barat Yusnani membuka kegiatan Pranata Fasilitasi Kehumasan di Padang, Kamis (ANTARA / Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sumatera Barat menggelar pelatihan kehumasan dalam menyambut daerah itu sebagai tuan rumah Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2020.

Sekretaris BKKBN Perwakilan Sumatera Barat Yusnani di Padang Kamis mengatakan keberadaan humas di setiap lembaga sangat menentukan citra lembaga serta komunikasi dengan pemangku kepentingan maupun masyarakat.

"Kita terus melakukan penyempurnaan dan salah satunya dengan kegiatan ini," kata dia saat membuka Fasilitasi Pranata Kehumasan BKKBN Sumbar di Hotel Grand Zuri.

Ia mengatakan tujuan adanya humas dalam sebuah lembaga untuk wujudkan hubungan harmonis dan mampu menciptakan opini publik baik secara internal maupun eksternal.

Selain itu mereka berperan dalam memperkenalkan ide lembaga kepada masyarakat dan menyebarluaskan dalam kehidupan sosial baik secara lisan, tulisan maupun audio visual.

"Humas memiliki fungsi memelihara dan mempertahankan komunikasi timbal balik," katanya

Menurut dia saat ini opini publik sangat menentukan dan publik menjadi kritis karena asupan informasi yang mereka dapatkan cukup.

"Kebebasan mencurahkan pendapat mendapat tempat dan media terus mengajak publik berpendapat dengan cara yang baik dan tidak melanggar etika," kata dia.

Ia mengatakan kegiatan ini diikuti 42 peserta dan mereka akan mendapat pemaparan dari akademisi Universitas Andalas dan Dinas Kominfo Sumbar

"Kita berharap selepas kegiatan ini mereka mampu menjalankan fungsinya dengan baik dan mampu mengangkat citra lembaga serta menyampaikan informasi dengan baik," katanya.