13 pemuda Sumbar ikuti Jambore Pemuda Indonesia di Minahasa

id Jambore Pemuda Indonesia,JPI di Minahasa, Irwan Prayitno,sumbar terkini

13 pemuda Sumbar ikuti Jambore Pemuda Indonesia di Minahasa

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama Kadis Pemuda dan Olahraga Bustavidia melepas kontingen pemuda ke Minahasa. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Provinsi Sumatera Barat mengirimkan 13 pemuda terpilih untuk mengikuti Jambore Pemuda Indonesia (JPI) di Tondano, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara selama 31 Oktober-6 November 2019.

Rombongan pemuda dalam satu kontingen itu dilepas Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di rumah dinasnya di Padang, Selasa.

Irwan menyebut JPI pertemuan akbar pemuda-pemudi terbaik Indonesia dalam agenda tahunan yang dilaksanakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI) untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap 28 Oktober.

Para peserta JPI akan berkumpul selama satu minggu untuk melakukan banyak hal, seperti pertukaran budaya daerah, menguatkan rasa nasionalisme dan patriotisme, serta menanam semangat mereka untuk bersatu dalam kebhinekaan.

"Kegiatan ini bukan hanya sekadar mengumpulkan para pemuda saja tetapi akan dibedah berbagai macam masalah kepemudaaan, di samping itu ajang ini juga menjadi sarana promosi potensi daerah dari wisata, budaya, makanan, kerajinan, kesenian dan lainnya," katanya.

Selain itu, kata dia, para pemuda dilatih dan diberikan pengetahuan tentang cara memanfaatkan sosial media yang baik, tidak menyebarkan hoaks, dan fitnah karena dapat menimbulkan perpecahan antara suku, ras, adat, dan agama.

Irwan berpesan kepada 13 pemuda itu untuk menjaga kesehatan agar bisa ikuti semua kegiatan dan terpenting dengan baik, menjaga nama baik daerah, dapat menampilkan budaya dan kesenian Ranah Minang dengan baik sehingga bisa sekaligus mempromosikan potensi daerah.

Kepala Dinas Olahraga Sumbar Bustavidia memperkirakan 500 peserta dan pendamping dari 34 provinsi di Indonesia akan hadir dalam acara itu.

Para peserta akan berkemah di area Stadion Maesa Tondano, sedangkan pendamping disiapkan akomodasi di sekitar Tondano Raya.

"Saya harap pada kegiatan JPI ini, pemuda kita bisa menjadi tenaga promosi untuk memperkenalkan semua potensi yang ada di Sumbar," ujarnya.