Padang Panjang beri pelatihan untuk Satgas penanggulangan bencana

id BPBD Padang Panjang,Berita Padang Panjang,Padang Panjang terkini

Padang Panjang beri pelatihan untuk Satgas penanggulangan bencana

Pengalungan tanda peserta pelatihan dan pendidikan bagi anggota Satgas Penanggulangan Bencana Padang Panjang. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat memberikan pendidikan dan pelatihan bagi anggota satuan tugas penanggulangan bencana (Satgas-PB) dari setiap kelurahan di daerah itu.

Asisten Administrasi Umum Pemkot Padang Panjang Martoni saat membuka kegiatan itu di Padang Panjang, Selasa, mengatakan pembekalan yang diberikan untuk Satgas-PB dinilai urgen karena posisi Padang Panjang berada di lokasi rawan bencana.

Informasi dalam pelatihan yang diberikan diharapkan dapat membantu tugas pokok dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dalam penanganan bencana yang mungkin terjadi di masa akan datang.

Menurutnya penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama agar dapat meminimalisir risiko mulai dari mengenal potensi bencana di daerah, kesiap-siagaan hingga langkah penanggulangannya.

Kepala BPBD Kesbangpol Padang Panjang Marwilis menambahkan pelatihan tersebut diberikan untuk 10 orang perwakilan anggota Satgas-PB dari setiap kelurahan di Padang Panjang.

Pelatihan diberikan secara bertahap dalam dua angkatan yaitu pada 29 sampai 31 Oktober 2019 dan 4 sampai 6 November 2019.

Materi mengenai penanggulangan kebencanaan dan pertolongan untuk korban diberikan oleh BPBD Padang Panjang dan BPBD Sumbar, Dinas Kesehatan serta Dinas Sosial Padang Panjang.

Ia mengatakan agar peserta mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh supaya dapat menerapkan dengan tepat dan tidak panik saat kondisi mendesak jika bencana terjadi.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar