LL Dikti Wilayah X jalin kerja sama dengan Kadin Riau lahirkan pengusaha baru

id Berita Padang, LL Dikti wilayah X,berita kampus sumbar,kadin riau,berita riau,riau terkini,berita sumbar,sumbar terkini

LL Dikti Wilayah X jalin kerja sama dengan Kadin Riau lahirkan pengusaha baru

LL Dikti wilayah X jalin kerja sama Kadin Riau lahirkan pengusaha baru di Riau.

Padang, (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X menjalin kerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Riau untuk melahirkan pengusaha-pengusaha baru di Provinsi Riau.

Kepala LL Dikti wilayah X Prof Herri saat dihubungi dari Padang Selasa mengharapkan kerja sama yang dijalin dengan Kadin Riau dapat memberikan peluang bagi lulusan perguruan tinggi swasta (PTS) sesuai kebutuhan dunia usaha.

Menurutnya tentu Kadin Riau lebih memahami perkembangan dan pertumbuhan industri serta kebutuhan tenaga kerja di Riau.

Ia juga mengatakan kerja sama yang dibangun dengan Kadin Riau diharapkan dapat menciptakan pengusaha baru.

"Karena kebutuhan dunia industri akan dapat dipenuhi dari lulusan perguruan tinggi yang telah disiapkan untuk menjadi pengusaha baru berbasis ilmu kekinian dan dibutuhkan saat ini," jelasnya.

Selain itu, ia juga mengatakan Kadin Riau berencana akan menciptakan 10 juta pengusaha baru, pengusaha tersebut diharapkan mampu berpikir dan berupaya untuk membangun serta mempertahankan pertumbuhan ekonomi.

"Di Riau terdapat 190 ribu penganggur dan jumlah itu akan bertambah setiap tahun," ujarnya.

Menurutnya solusinya ialah harus menciptakan pengusaha baru yang bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja baru dan menyerap tenaga kerja yang ada.

"Saat ini masih banyak pengusaha yang berpendidikan sekolah lanjutan, tentunya dengan menciptakan pengusaha baru yang berbasis perguruan tinggi maka bisa dibayangkan dunia usaha ke depannya," sambungnya.

Wakil Ketua Bidang Ristek Kadin Riau Siswo Pranoto mengatakan pihaknya menyambut baik kerja sama yang dijalin dengan LL Dikti wilayah X untuk menciptakan pengusaha yang tangguh dalam dunia usaha dan industri.

"Kita berharap kerja sama yang sudah dijalin ini bukan hanya sekedar seremoni saja, tetapi dapat diimplementasikan," ujarnya.

Untuk itu Kadin Riau bersama LL Dikti wilayah X terus berupaya untuk dapat menciptakan pengusaha baru, karena jumlah lapangan kerja yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah tenaga kerja. (*)