Dies Natalis ke 65 UNP, Rektor Prof Ganefri ziarah ke makam pendiri UNP di Tanah Datar

id Ganefri,rektor unp,berita kampus,sejarah UNP,pendiri UNP, Prof. Zainoeddin St. Keradjaan Datuk Tan Penghulu

Dies Natalis ke 65 UNP, Rektor Prof Ganefri ziarah ke makam pendiri UNP di Tanah Datar

Rektor UNP Prof Ganefri (dua dari kanan) mengunjungi makam Prof. Zainoeddin St. Keradjaan Datuk Tan Penghulu pendiri kampus UNP dalam rangka dies natalis ke 65 UNP. (Antara/Erianto)

Batusangkar, (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat Prof Ganefri berziarah ke makam Prof. Zainoeddin St. Keradjaan Datuk Tan Penghulu pendiri kampus itu yang dimakamkan di Kampuang Tangah Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Senin.

Ganefri mengatakan kunjungan ke makam itu untuk mengingatkan kembali sejarah pendirian perguruan tinggi yang sekarang ia pimpin yang dahulunya bernama Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP).

"Kunjungan ini mengingatkan kita akan sejarah bahwa pendiri perguruan tinggi tertua di Sumatera Barat, bahkan Indonesia adalah seorang tokoh pendidikan," katanya.

Ia mengatakan UNP adalah salah satu universitas tertua di Indonesia yang pada awal perkembangan kampus itu diawali periode Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar pada 1954-1956.

Yang mana pada waktu itu PTPG diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Pengajaran RI kala itu Prof. Muhammad Yamin dengan pendirinya Prof. Zainoeddin St. Keradjaan Datuk Tan Penghulu putra asal Tanah Datar.

Dalam perkembangannya PTPG kembali berganti nama dengan Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP) tahun 1956-1999, dan kemudian pada 1999 berubah menjadi Universitas Negeri Padang hingga sekarang.

Ia juga mengatakan selain mengingat sejarah berdirinya kampus itu, ziarah tersebut juga merupakan dalam rangka dies natalis ke 65 UNP.

Ia mengucapkan terima kasih kepada pihak keluarga atau ahli waris Insya Allah apa yang telah direncanakan almarhum akan terwujud, salah satunya mengembalikan PTPG atau UNP ke Batusangkar di Tanah Datar.

Hal itu dilakukan dengan peletakan batu pertama monumen bersama dengan Bupati Tanah datar Irdinansyah Tarmizi.

Sementara Bupati Tanah Datar diwakili Kepala Dinas Sosial Tanah Datar Yuhardi mengatakan kunjungan Rektor Ganefri ke makam Prof. Zainoeddin St. Keradjaan Datuk Tan Penghulu adalah untuk mengingat kembali sejarah.

Diharapkan dengan kunjungan rektor beserta rombongan akan menjadi cambuk dan motivasi bagi generasi Tanah Datar, bahwa putra Tanah Datar menjadi tokoh pendiri kampus UNP. (*)