Baru tiga jam jadi Ketua PSI Sumbar, Faldo sudah gelar pidato politik

id pidato politik,Faldo Maldini,Ketua DPW PSI Sumatera Barat,berita sumbar,sumbar terkini,berita padang,padang terkini,ranah minang,pidato politik Faldo

Baru tiga jam jadi Ketua PSI Sumbar, Faldo sudah gelar pidato politik

Ketua DPW PSI Sumbar Faldo Maldini menggelar pidato politik di Padang. (ANTARA SUMBAR/Ist)

Padang (ANTARA) - Tiga jam setelah ditunjuk menjadi Ketua DPW PSI Sumatera Barat, politisi muda Faldo Maldini menyampaikan pidato politik di hadapan ratusan tokoh didominasi milenial di Padang.

Mantan Juru Bicara Prabowo-Sandi yang sekarang ditunjuk menjadi salah seorang juru bicara PSI itu menawarkan sembilan gagasan untuk membangun Sumbar yang disebutnya Sumangaik Sambilan (Semangat Sembilan).

"Kami ingin menawarkan Sumangaik Sambilan untuk perubahan Sumbar ke arah yang lebih baik," katanya di Padang, Minggu (27/10) malam.

Program itu, Sumangaik Baraja dan Sumangaik Mangaji yang berisi gagasan tentang pendidikan, Sumangaik Raun tentang infrastruktur pendukung, Sumangaik Manggaleh berisi gagasan tentang industri dan Sumangaik Bakawan tentang jejaring dan hubungan kerjasama.

Lalu, Sumangaik Malayani tentang pelayanan publik berbasis partisipasi masyarakat, Sumangaik Bajaleh tentang transparansi APBD, Sumangaik Badayo berisi gagasan peningkatan kesejahteraan perempuan dan anak dan terakhir Sumangaik Basegeh tentang inovasi berbagai bidang.

Pidato politik itu juga sebagai "deklarasi" kesiapan politisi yang malang melintang di pentas nasional saat Pemilu Presiden lalu itu sebagai salah seorang kontestan dalam Pemilu Gubernur Sumbar 2021.

Ia yang baru berusia 29 tahun saat jadwal pendaftaran calon gubernur Sumbar 2021-2026 ditutup, harus berjuang ke Mahkamah Konstitusi (MK) agar bisa berpartisipasi karena menurut UU Pilkada, syarat umur calon gubernur minimal 30 tahun.

"Kita optimis menang di MK sehingga bisa ikut sebagai calon termuda alam Pilgub Sumbar," katanya.