Pemkot Solok serahkan 8.100 ternak unggas ke kelompok peternak

id bantuan unggas,Kawasan Rumah Pangan Lestari ,Kota Solok,Berita Solok

Pemkot Solok serahkan 8.100 ternak unggas ke kelompok peternak

Wakil Wali Kota Solok, Reinier saat memberikan ternak ke kelompok wanita tani di Kelurahan Tanah Garam, Kamis. (Antara/Tri Asmaini)

Solok   (ANTARA) - Sebanyak 8.100 ekor bantuan ternak unggas seperti ayam dan itik diberikan Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pangan ke kelompok peternak dalam kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Parak Anau, Kelurahan Tanah Garam.

"Kami berikan setiap kelompok sebanyak 1.350 ekor ayam dan itik sehingga target Kota Solok menjadi Kawasan Rumah Pangan Lestari dapat tercapai," kata Wakil Wali Kota Solok, Reinier di Solok, Kamis (24/10).

Bantuan ternak ini merupakan upaya agar masyarakat mempunyai lapangan pekerjaan dan bisa meningkatkan perekonomian keluarga berbasis pertanian dan sumber daya lokal. Diharapkan usaha kelompok peternak dapat berkembang nantinya.

Pemerintah berkewajiban mewujudkan penganekaragamaan konsumsi pangan untuk memenuhi gizi masyakarat, sesuai dengan potensi dan kearifan lokal guna mewujudkan hidup sehat aktif dan produktif kota solok.

"Saya berharap bantuan tepat sasaran, serta memberikan manfaat bagi bapak ibu semua, manfaatkan bantuan dengan sebaik dan seoptimal mungkin," ujarnya.

Selain itu, program KRPL yang dijalankan juga diharapkan dapat mendorong peningkatan produksi dan populasi ternak untuk peningkatan konsumsi pangan dan gizi keluarga, serta penghasilan.

KRPL merupakan model pemanfaatan lahan, baik lahan tidur, lahan kosong yang ada di kawasan pekarangan rumah dalam menghasilkan pangan yang bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan gizi dan pendapatan keluarga.

Menurutnya, Kota Solok masih memiliki begitu luas lahan yang belum tergarap secara maksimal, baik lahan tidur dan lahan kosong, serta pekarangan rumah.

"Semoga dengan program-program yang digulirkan pemerintah, bisa mendorong masyarakat untuk lebih aktif dan produktif memanfaatkan setiap lahan yang dimiliki untuk membantu ekonomi keluarga," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan, Kusnadi menyebutkan kegiatan ini meningkatkan koordinasi, sinkronisasi, dan harmonisasi berbagai pihak dalam pengelolaan kegiatan KRPL, serta meningkatkan akses pangan dan produksi ternak untuk peningkatan konsumsi pangan dan gizi keluarga.

Ia menyebutkan ada enam kelompok penerima ternak unggas, yaitu Kelompok Wanita Tani (KWT) Parak Anau Sepakat dan Taratak Sepakat Kelurahan Tanah Garam, Kelompok Tani Mekar Melati Simpang Rumbio.

Kemudian KWT Titian Aia Tanjung Paku, Mutiara Nan Balimo, dan Kelompok Tani Sarang Alang Laing.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar