Pelajar Pariaman wakil Sumbar di Pekan Olahraga Tradisional Nasional

id Pekan Olahraga Tradisional ,Bantul,Yogyakarta

Pelajar Pariaman wakil Sumbar di Pekan Olahraga Tradisional Nasional

Wali Kota Pariaman, Sumbar (tengah) berfoto bersama saat pelepasan siswa yang mewakilkan provinsi itu untuk mengikuti Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional, di Pariaman, Jumat. (Antara/istimewa)

​​​​​​​Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman mengirimkan 10 siswa SMP untuk mewakili Sumatera Barat (Sumbar) mengikuti Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional (Potradnas) pada 26 hingga 27 Oktober di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

"Ada dua cabang olahraga diwakilkan Pariaman yaitu egrang dan terompah panjang," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar usai pelepasan siswa untuk mengikuti Potradnas di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan hal tersebut merupakan prestasi siswa Kota Pariaman karena dapat mewakilkan Sumbar di tingkat nasional.

Meskipun olahraga tradisonal diperlombakan setiap tahun di daerah itu bahkan sampai tingkat desa namun menurutnya perlu peningkatan karena potensial untuk dikembangkan menjadi kegiatan pariwisata.

"Olahraga tradisonal ini nanti akan kami kembangkan agar menjadi even wisata olahraga di Pariaman," katanya.

Hal tersebut karena olahraga tradisonal memiliki banyak peminat dari semua kalangan.

Siswa yang dikirimkan tersebut didampingi dua guru serta tiga aparatur dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman.

Sekretaris Disdikpora Kota Pariaman Hertati Taher mengatakan tujuan diselenggarakannya Pekan Olahraga Tradisonal yang dibuat oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga tersebut yaitu untuk menumbuhkan kembali olahraga tradisional yang mulai hilang.

"Padahal olahraga tradisonal banyak diminati," ujarnya.

Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ditunjuk Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada 26 dan 27 Oktober 2019.

"Pemerintah Kabupaten Bantul menyambut baik tawaran sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional, hal ini dikarenakan bisa sebagai promosi wilayah Bantul ke tingkat nasional," kata Sekretaris Daerah Bantul Helmi Jamharis di Bantul, Rabu. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar