Pesona Situs Warisan Dunia Candi Borobudur Kebanggaan Indonesia

id Candi Borobudur,pariwisata, destinasi searah, punthuk setumbu

Pesona Situs Warisan Dunia Candi Borobudur Kebanggaan Indonesia

Petugas Balai Konservasi Borobudur (BKB) membersihkan batu candi dari lumut dan jamur di Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (2/10/2019). ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc. (ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN)

Jakarta (ANTARA) -

Candi Borobudur merupakan destinasi wisata yang tidak boleh terlewatkan ketika mengunjungi Jawa Tengah atau Yogyakarta. Candi Buddha terbesar di dunia ini dibangun pada abad ke-9, lho. Selain karena kemegahannya, Borobudur memiliki arsitektur yang menakjubkan. Karena itu, orang dari berbagai penjuru dunia tertarik untuk berkunjung.

Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai wisata Candi Borobudur yang bikin kamu akan terpukau dan nggak sabar untuk mengunjunginya.

Sejarah Singkat Candi Borobudur

Berikut ini adalah sejarah singkat Candi Borobudur yang menarik untuk diketahui. Borobudur dibangun pada masa Dinasti Syailendra, yaitu pada tahun 780-840 Masehi. Pada waktu itu, banyak orang menganut agama Buddha Mahayana.

Borobudur berasal dari kata bara yang berarti 'kompleks biara' dan budur yang berarti 'atas'. Secara harfiah, barabudur memiliki arti 'biara di atas'. Borobudur terletak di daerah yang tinggi sebagai tempat ziarah dan pemujaan Buddha. Pada tahun 1814, candi ini ditemukan oleh Inggris yang menjajah Indonesia dalam pimpinan Gubernur Jenderal Sir Thomas Stamford Raffles. Keseluruhan candi selesai dibersihkan dan dipugar pada tahun 1982.

Arsitektur Borobudur berbentuk Mandala yang merupakan simbol alam semesta dalam agama Buddha. Setiap dinding, kecuali di area Arupadhatu, dihiasi oleh relief. Setiap aspek kehidupan masyarakat pada waktu itu tergambarkan dalam relief tersebut. Total ada 1.460 relief yang menceritakan peradaban manusia pada waktu itu. Kamu bisa melihat alur ceritanya sesuai arah jarum jam.

Bangunan ini mencerminkan tiga tingkatan spiritual dalam ajaran Buddha. Kamadhatu adalah area terendah yang menggambarkan manusia masih dikuasai oleh kama atau 'nafsu rendah'. Rupadhatu adalah tingkatan manusia yang telah bebas dari nafsu tetapi belum lepas dari bentuk dan rupa. Arupadhatu yang berarti 'tidak berwujud' melambangkan manusia yang telah lepas dari bentuk dan rupa tetapi belum berada di Nirwana.

Fasilitas yang tersedia

Kenyamanan berwisata sangat dipengaruhi oleh fasilitas yang tersedia di area wisata. Setelah mengetahui keunikannya, kamu juga perlu tahu fasilitas apa saja yang ada di kompleks wisata Borobudur. Fasilitas yang ada meliputi:

Toilet

Mushola

Warung Makan

Toko Cinderamata

Tour de village dengan mobil VW Combi klasik

Taman Payung

Museum Karmawibhangga

Museum Kapal Samudra

Visitor Centre

Sepeda untuk berkeliling

Jam Buka dan Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan

Jam buka Candi Borobudur adalah pukul 06.00-17.00 WIB setiap hari. Disarankan untuk berkunjung pada pagi hari atau menjelang sore karena karena cuaca tidak terlalu panas. Kamu juga bisa mengunjungi candi saat perayaan Waisak karena akan ada festival lampion.

Tidak hanya mengeksplorasi candi, kamu bisa melakukan banyak aktivitas di area wisata ini. Berikut rekomendasi aktivitas dari Tim Traveloka:

Menikmati sunrise dan sunset

Mengikuti tour de village

Berburu souvenir

Mengikuti safari gajah

Berswafoto bersama keluarga, teman, atau pasangan

Bersepeda

Lokasi & Rute ke Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Akan tetapi, situs ini tidak jauh dari Yogyakarta. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai di Borobudur.

Jika kamu sedang di Yogyakarta, naiklah Trans Jogja menuju terminal Jombor. Di sana kamu bisa menemukan bus jurusan Borobudur. Sampai di terminal Borobudur, kamu bisa naik becak atau ojek untuk sampai ke Candi Borobudur. Kamu juga boleh memilih berjalan kaki karena lokasinya tidak terlalu jauh.

Setelah membaca deskripsi Candi Borobudur di atas. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi situs warisan dunia ini? Kamu bisa mulai memesan tiket pesawat ke Borobudur melalui situs online seperti traveloka. Kamu juga bisa sekalian booking hotel. Kebutuhan akomodasi ke tempat wisata jadi lebih mudah jika kamu install aplikasi Traveloka.

Candi Borobudur memang memiliki pesona yang sangat memukau. Di sekitarnya juga terdapat berbagai tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, salah satunya yaitu Punthuk Setumbu. Yuk, ajak keluarga, sahabat, atau pasanganmu pergi ke Borobudur saat liburan nanti.