KLHK apresiasi peran warga dalam pengelolaan Danau Singkarak

id pengelolaan danau singkarak,pelestarian danau singkarak,danau singkarak

KLHK apresiasi peran warga dalam pengelolaan Danau Singkarak

Danau Singkarak di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. (ANTARA/Tri Asmaini)

Arosuka (ANTARA) - Pemerintah mengapresiasi peran komunitas warga dalam pengelolaan dan pelestarian Danau SingkarakdiSumatera Barat.

"Komunitas dan kelompok masyarakat di Danau Singkarak punya kemauan untuk ikut mengelola kawasan. Ini adalah langkah positif untuk menjaga lingkungan danau," kata Kepala SubdirektoratKomunitas Penyelamat Sumber Daya Alam Direktorat Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wati Umirusyianawati di Solok, Jumat.

Ia mengatakan, perilaku warga sekitar danau sangat mempengaruhi kondisi lingkungan sekitar danau.

Limbah yang masuk ke danau sebagian besar merupakanlimbah rumah tangga warga yang beraktivitas dan tinggaldi sekitar danau. Sementara pemerintah kemampuannya terbatas dalam melakukan pengawasan. Kondisi yang demikian membuat peran komunitas warga dalam menjaga danau menjadi sangat penting.

Wati mengemukakan bahwa dalam hal pemeliharaan lingkungan danau, pemerintah pusat hingga daerah berperan dalam memberikan pembinaan, pelatihan, dan pemahaman kepada komunitas warga di sekitar danau.

"Pemerintah juga bisa membantu komunitas membangun jejaring dengan perusahaan sehingga segala program yang direncanakan bisa berjalan maksimal," katanya.

Ia menambahkan, persoalan berkenaan dengan danau-danau di Indonesia sebagian besar berkaitan dengan keramba jaring apung, enceng gondok, serta limbah rumah tangga dan plastik.

Sementara itu, Ketua Badan Pengelola Kawasan Danau Singkarak Berbasis Nagari Jasman menyatakan bahwa badan telah menyusun rencana kerja pengelolaan lingkungan Danau Singkarak.

Rencana pengelolaan danau meliputipengelolaan sampah melalui bank sampah, yang diharapkan bisa menarik partisipasi warga dengan penukaran sampah dengan uang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup SumateraBarat Siti Aisyah mengatakan pemerintah mendukung penuh semua program untuk menjaga lingkungan Danau Singkarak.

Ia menekankan pentingnya program kerja yang jelas dan memberdayakan masyarakat dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan Danau Singkarak.
Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar