Elpiji bersubsidi dijual secara online?

id Elpiji bersubsidi, elpiji 3 kilogram, elpiji, barang bersubsidi,elpiji subsidi dijual online

Elpiji bersubsidi dijual secara online?

Penjualan elpiji. (Foto Antaranews/Dok)

Karawang (ANTARA) - Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) Linkar Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengaku heran atas temuan penjualan gas elpiji 3 kilogram yang dijual bebas secara online melalui media sosial facebook.

"Itu (elpiji 3 kilogram) adalah barang subsidi, di tabungnya juga kan tertulis untuk masyarakat miskin. Tapi ini justru dijual bebas secara online, saya aneh sekaligus prihatin atas kondisi itu," kata Ketua LPKSM Linkar Eddy Djunaedi, di Karawang, Kamis.

Ia mengatakan, setiap daerah ada kuota elpiji 3 kilogram yang disalurkan pihak Pertamina selama sebulan. Jumlah penerima-nya juga sudah ditentukan oleh pemerintah kabupaten/kota setempat.

Dalam ketentuannya, yakni pasal 20 ayat (2) Peraturan Menteri ESDM Nomor 26 Tahun 2009 disebutkan kalau sasaran pengguna gas elpiji bersubsidi ialah masyarakat yang maksimal memiliki pendapatan sebesar Rp1,5 juta.

Menurut Eddy, jika elpiji bersubsidi 3 kilogram dijual secara bebas, apalagi dijual melalui online, maka akan berpotensi terjadi kelangkaan. Kondisi itu tentu akan meresahkan masyarakat yang biasa menggunakan elpiji bersubsidi.

Pantauan Antara, penjualan elpiji bersubsidi secara online kebanyakan dilakukan melalui media sosial facebook.

Beberapa akun media sosial facebook asal Karawang ditemukan melakukan penjualan secara online, menawarkan bagi netizen untuk memesan jika membutuhkan elpiji 3 kilogram.

Eddy mendesak agar Pemkab Karawang meningkatkan pengawasan terkait dengan pendistribusian elpiji 3 kilogram bersubsidi. Sebab penjualan elpiji bersubsidi melalui online diduga bagian dari penyimpangan pendistribusian barang bersubsidi.