Ratusan mahasiswa se-Sumatera pamerkan produk unggulan di Unand

id UPT Kewirausahaan Unand,Pameran produk mahasiswa,Unand,berita sumbar,sumbar terkini

Ratusan mahasiswa se-Sumatera pamerkan produk unggulan di Unand

Kepala UPT Kewirausahaan Universitas Andalas Padang Asmi Abbas

Padang (ANTARA) - Ratusan mahasiswa se-Sumatera memamerkan produk unggulan mereka di kampus Universitas Andalas Padang Sumatera Barat yang diadakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kewirausahaan Universitas Andalas Padang bekerja sama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).

Kepala UPT Kewirausahaan Universitas Andalas Padang Asmi Abbas di Padang, Kamis mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memotivasi mahasiswa agar memiliki semangat berwirausaha.

"Selain itu, juga menguji kemampuan Mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat," sambung dia.

Pameran tersebut diikuti 138 kelompok mahasiswa se-Sumatera yang sudah mendaftar dan lolos seleksi.

Beragam jenis produk menarik dan unik-unik yang dipamerkan para mahasiswa berupa souvenir, gantungan kunci, tas, gelang dan lainnya yang terbuat dari olahan limbah.

Selain itu, berupa minuman sehat yang terbuat dari limbah kulit nanas, makanan ringan yang merupakan olahan mahasiswa itu sendiri.

"Masih banyak lagi produk unggulan lainnya yang menarik dari mahasiswa dan ini membuktikan mahasiswa kita punya kreativitas yang harus dikembangkan dan didukung," katanya.

Pameran tersebut diadakan selama tiga hari pada 23 sampai 25 Oktober 2019.

"Peserta yang berasal dari luar Sumbar yakni dari Medan, Bengkulu, dan Jambi," kata dia.

Peserta pameran akan mendapatkan hadiah total Rp17 juta untuk pemenang satu sampai tiga dengan persyaratan produk yang dipamerkan merupakan produk mahasiswa itu sendiri bukan produk orang lain.

Selain itu tim penilai terdiri dari lima tim yakni dari Institut Pertanian Bogor(IPB) yang paham dengan kewirausahaan mahasiswa, Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, Dinas Pariwisata, dosen UNP, dan Hipmi Sumbar.

Ia juga mengatakan kegiatan tersebut merupakan pertama kali diadakan di Unand dan berharap menjadi kegiatan tahunan.

"Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membangun semangat mahasiswa dalam berwirausaha ke depannya," ujar dia.

Selain itu, salah seorang peserta pameran tersebut Irma Yunita dari Unand Padang mengatakan kegiatan tersebut bagus karena memberikan wadah bagi mahasiswa dalam berwirausaha.

"Selain itu kegiatan ini juga gratis tanpa dipungut biaya apa pun," sambung dia.