Polres Payakumbuh gelar Operasi Zebra selama dua minggu

id Operasi Zebra,Payakumbuh

Polres Payakumbuh gelar Operasi Zebra selama dua minggu

Longmarch pemberitahuan Operasi Zebra. (Antara Sumbar/Syafri Ario)

Payakumbuh, (ANTARA) - Polres Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menggelar Operasi Zebra selama dua minggu dari 23 Oktober hingga 5 November 2019.

"Operasi ini untuk menciptakan kesadaran serta kepatuhan berkendara agar terciptanya kenyamanan berlalu lintas," kata Kapolres Payakumbuh Dony Setiawan di Payakumbuh, Rabu.

Dony menyebut Operasi Zebra kali ini dilakukan di lokasi-lokasi rawan kecelakaan serta tempat yang rawan terjadinya pelanggaran lalu-lintas.

"Ini kita lakukan untuk menekan terjadinya kecelakaan serta bagi pengendara yang tidak patuh pada peraturan lalu lintas," ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Payakumbuh agar selalu mematuhi peraturan berlalu lintas untuk kenyamanan kita semua.

"Jagalah keselamatan diri kita selama berkendara, mari semuanya kita dukung operasi zebra, taatilah semua peraturan berlalu lintas, untuk keselaman kita bersama," ujar Sekda Payakumbuh.

Setelah pelaksanaan apel dilanjutkan dengan longmarch keliling Kota Payakumbuh untuk menginformasikan kepada masyarakat kegiatan Operasi Zebra agar nantinya masyarakat berhati-hati dan mematuhi segala peraturan berlalu lintas.

Masyarakat yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas seperti tidak memakai helm dalam berkendara, tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), tidak mematuhi kelengkapan sepeda motor akan ditilang oleh pihak yang berwajib.

"Ini kesempatan bagi masyarakat untuk mengurus SIM dan surat-surat kendaraan bermotor karena sejak September lalu telah dilaunching Smart Sim," ujar Dony. (*)