Ribuan santri ramaikan upacara Peringatan Hari Santri di Pesisir Selatan

id Hari Santri Nasional,Santri Pesisir Selatan

Ribuan santri ramaikan upacara Peringatan Hari Santri di Pesisir Selatan

Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Cepi Noval pimpin upacara peringatan Hari Santri . (ANTARA SUMBAR/istimewa)

​​​​​​​Painan (ANTARA) - Ribuan santri dari berbagai kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat meramaikan upacara peringatan Hari Santri yang digelar di halaman kantor bupati setempat, Selasa.

Upacara tersebut dipimpin oleh Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Cepi Noval dan dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah setempat mulai dari Ketua DPRD, Ermizen, Sekretaris Daerah, Erizon, anggota forkopimda serta pejabat eselon II dan III.

Dalam sambutannya, Cepi Noval menyebutkan penetapan hari santri dilakukan sejak 2015 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015.

Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan negara.

Menurutnya, pesantren merupakan laboratorium perdamaian karena pesantren merupakan lahan untuk menyemai Islam rahmatan lil alamin.

Dia menjelaskan pesantren sebagai laboratorium perdamaian didukung alasan yang mendasar, setidaknya terdapat sembilan alasan menguatkan pesantren sebagai labor perdamaian.

Diantaranya, pesantren memiliki prinsip kepentingan umum dan pesantren sejak lama telah menanaman nilai-nilai spiritual.

Dirinya mengungkapkan peringatan hari santri tahun ini lebih istimewa dibanding sebelumnya, karena bertepatan dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren.

Sementara itu, Plt Kakan Kemenag Pesisir Selatan, Marjanis menjelaskan selain melakukan upacara, peringatan Hari Santri pada 2019 ini, juga dimeriahkan dengan pawai ta'aruf , tabliq akbar, dan zikir bersama.

"Tablik akbar dan zikir bersama ini dipusatkan di Masjid Akbar Baiturahman Painan, dengan dihadiri oleh para pimpinan pondok pesantren, guru TPA/TPSA, para santri, serta juga para pejabat daerah," sebutnya.