Padang-India Konkretkan Kerja Sama bidang pariwisata

id berita padang, berita sumbar, india,india bahasa resmi,kebudayaan india,profil negara india,peta india,sejarah negara india,agama di india,india film

Padang-India Konkretkan Kerja Sama bidang pariwisata

Wali Kota Padang Mahyeldi (kanan) saat menerima kunjungan  Konjen India di Medan Mr. Raghu Gururaj (kiri)  di Padang, Senin (21/10) (Antara/Humas)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang mengkonkretkan sejumlah rencana kerja sama dengan India khususnya pada bidang pariwisata, perdagangan, pendidikan dan teknologi informasi.

"Kami telah mengajukan proposal untuk Kota Chennai terkait beberapa poin kerja sama diantaranya di bidang pariwisata karena Padang dan Chennai memiliki kemiripan budaya," kata Wali Kota Padang Mahyeldi di Padang, Senin.

Ia menyampaikan hal itu saat menerima kunjungan kehormatan dari Konsul Jendral (Konjen) India yang berkantor di Kota Medan, Sumatera Utara Mr. Raghu Gururaj.

Menurut dia saat ini sudah ada kerja sama dalam bentuk kota kembar antara Padang dengan Chennai, yang berada di Provinsi Tamil Nadu, India.

Kerja sama sister city Padang-Chennai ini sudah digagas setahun yang lalu pada November 2018. Dan kita sudah berkunjung ke sana, dan pihaknya sudah berkirim surat ke Pemerintah Kota Chennai dan juga ditembuskan kepada Gubernur Tamil Nadu, katanya.

Lebih lanjut Mahyeldi menyampaikan pihaknya k Kedubes India di Jakarta dan Konjen India di Medan telah saling mendukung dengan serius dalam mewujudkan kota kembar Padang-Chennai.

Hal itu terbukti dan ditandai dengan adanya beberapa even yang dilakukan oleh Kedubes India di Jakarta selalu mengundang Kota Padang, termasuk kunjungan Konjen India ke Padang yang kedua, katanya.

Menurutnya India merupakan salah satu negara yang berkembang di bidang IT dan kesehatan.

Di India ada rumah sakit swasta yang bernama Apolo Hospital berada di Chennai yang memiliki teknologi pengobatan penyakit kanker yang lebih maju dibanding pengobatan teknologi konvensional yang ada di Indonesia.

"Kita berharap semoga kerjasama di bidang kesehatan ini bisa konkret terutama dengan pihak kesehatan atau rumah sakit yang ada di Padang nantinya," katanya.

Kemudian sekaitan kerja sama di bidang budaya, di Kota Padang terdapat berbagai tradisi yang dilakukan warga keturunan India salah satunya tradisi Serak Gulo.

Begitu pun acara yabg digelar Pemko Padang melibatkan kebudayaan India seperti dalam kegiatan Padang Indonesian Ocean Music Festival (PIOMFest) dan Festival Siti Nurbaya yabg digelar tiap tahun.

"Melalui tiga evene ini kita harapkan Kota Chennai, hendaknya dapat berpartisipasi," tuturnya.

Sementara Konjen India di Medan Mr. Raghu Gururaj mengungkapkan kegembiraannya bertemu dengan Wali Kota Padang dan jajarannya.

Ia mengaku kaget ternyata Kota Padang dan India khususnya Kota Chennai telah cukup banyak melakukan langkah-langkah kerja sama dengan lebih konkret.

Termasuk sesuai fakta sejarah di Kota Padang yakni terdapatnya komunitas keturunan India yang hidup dan berkembang di kota itu.

"Saya senang atas sambutan positif dari Wali Kota Padang, bahwa memang hubungan Kota Padang dengan Chennai harus segera ditingkatkan untuk diwujudkan ke depan dengan langkah-langkah yang lebih konkret. Saya akan siap berupaya memfasilitasinya," kata dia.

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar