Timnas U-22 fokus benahi transisi bertahan ke menyerang

id timnas u22,indra sjafri,sea games 2019

Timnas U-22 fokus benahi transisi bertahan ke menyerang

Tim nasional U-22 Indonesia berlatih di Lapangan G Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (21/10/2019). Pemusatan latihan itu digelar sebagai persiapan menuju SEA Games 2019. (Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-22 Indonesia Indra Sjafri mengatakan skuatnya saat ini fokus membenahi transisi bertahan ke menyerang yang dinilai menjadi salah satu kekurangan saat mengikuti turnamen di China pada 11-15 Oktober 2019.

“Transisi dari bertahan ke menyerang masih lambat. Kami harus memperbaiki itu,” ujar Indra usai memimpin latihan timnas U-22 di Lapangan G Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin.

Menurut Indra, saat menghadapi China, Yordania dan Arab Saudi di CFA Team China Chongqing Three Gorges Bank Cup International Football 2019, China, anak-anak asuhnya kesulitan membangun serangan usai mendapatkan tekanan dari lawan.

Timnas U-22 yang terpaksa bertahan dalam (deep defending) karena kualitas lini depan dan tengah lawan-lawannya, yang berasal dari kawasan Asia Timur dan Barat, belum maksimal membangun serangan balik dari sisi lebar lapangan.

“Pertahanan bisa saja oke, tetapi kami bermasalah di serangan balik melebar. China dan lawan-lawan kami memaksa tim bertahan dalam. Ini akan dievaluasi,” kata Indra.

Timnas U-22 Indonesia tidak mampu meraih satu pun kemenangan dari turnamen di China tersebut. Egy Maulana dan kawan-kawan takluk dari China (2-0), Yordania (1-0) dan bermain imbang dengan Arab Saudi (1-1).

Satu-satunya gol Indonesia ketika itu dicetak oleh gelandang Irkham Mila yang memanfaatkan umpan dari tendangan bebas.

Setelah berkompetisi di China, timnas U-22 Indonesia mengikuti pemusatan latihan (TC) di Jakarta mulai Senin (21/10) sebagai persiapan menuju SEA Games 2019.

Sebanyak 17 pemain, dari 26 nama yang berlaga di China, mengikuti hari pertama TC tersebut, termasuk Egy Maulana Vikri. Indra menyebut, pemain lainnya akan menyusul dalam beberapa hari kemudian.

Pertandingan cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2019 di Filipina berlangsung mulai 25 November 2019. Sebelum itu, timnas U-22 Indonesia akan menghadapi Iran di dua kali laga persahabatan pada pertengahan November 2019.