Persediaan menipis, harga beras di Agam naik

id harga beras,harga beras agam,berita ekonomi,berita agam,berita sumbar

Persediaan menipis, harga beras di Agam naik

(ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

​​​​​​​Lubukbasung,  (ANTARA) - Harga beras berbagai kualitas di pasar tradisional Kabupaten Agam, Sumatera Barat, naik dari Rp500 sampai Rp2.500 per kilogram akibat berkurangnya persediaan di pedagang pengumpul.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Agam, Nelfia Fauzana di Lubukbasung, Senin, mengatakan beras yang naik itu berupa beras benang pulau naik dari Rp12 ribu menjadi Rp12,5 ribu per kilogram, beras sokan dari Rp12 ribu menjadi Rp13 ribu per kilogram.

Sementara beras Ir 42 dari Rp12 ribu menjadi Rp12,5 ribu per kilogram, beras dolog dari Rp8 ribu menjadi Rp10,5 ribu per kilogram dan beras batang Pasaman dari Rp10,5 ribu menjadi Rp11 ribu per kilogram.

"Ini berdasarkan keterangan dari sejumlah pedagang beras di Pasar Impres Padang Baru, Pasar Usang dan Pasar Balai Selasa Kecamatan Lubukbasung," katanya.

Ia mengatakan, harga beras itu naik akibat persediaan beras berkurang dipedagang pengumpul akibat curah hujan cukup tinggi melanda daerah itu semenjak satu minggu terakhir.

Sementara permintaan beras dari konsumen cukup banyak.

"Ini sesuai dengan hukum ekonomi, apabila persediaan sedikit, maka harga akan naik," katanya.

Selain harga beras, tambahnya, harga cabai rawit juga naik dari Rp25 ribu menjadi Rp35 ribu per kilogram, bawang merah dari Rp18 ribu menjadi Rp25 ribu per kilogram, bawang putih dari Rp25 ribu menjadi Rp30 ribu per kilogram.

Kacang tanah dari Rp24 ribu menjadi Rp26 ribu per kilogram, buncis dari Rp12 ribu menjadi Rp14 ribu per kilogram, tomat dari Rp4 ribu menjadi Rp6 ribu per kilogram, ikan asin teri dari Rp55 ribu menjadi Rp65 ribu per kilogram dan lainnya.

"Harga ini naik semenjak satu minggu lalu," katanya.

Ia menambahkan, harga kebutuhan turun seperti, ikan sarden dari Rp30 ribu menjadi Rp25 ribu per kilogram, ikan tuna dari Rp35 ribu menjadi Rp32 per kilogram dan lainnya.

Untuk harga kebutuhan normal berupa gula pasir lokal Rp13 ribu per kilogram, minyak curah Rp10 ribu per kilogram, daging ayam broiler Rp55 ribu per ekor, daging ayam kampung Rp60 ribu per ekor, daging sapi Rp120 ribi per kilogram.

Selain itu cabai merah kriting Rp45 ribu per kilogram, jengkol Rp30 ribu per kilogram, ikan nila Rp25 ribu per kilogram dan lainnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar