Padang Panjang raih penghargaan WTP

id Opini WTP,Padang Panjang

Padang Panjang raih penghargaan WTP

Wakil Wali Kota Padang Panjang Asrul saat menerima penghargaan WTP di Padang, Senin. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat menerima penghargaan atas perolehan capaian standar tertinggi atau Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2018.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Sekretaris Direktorat Jendral Perbendaharaan Kementrian Keuangan Regina Maria Wiwieng Handayaningsih saat acara Penyerahan Penghargaan Capaian Standar Tertinggi/WTP LKPD 2018 dan seminar Kebijakan APBN 2020 di Padang, Senin.

Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Sumbar Ade Rohman raihan penghargaan WTP membutuhkan peran berupa pembinaan dari tingkat yang lebih tinggi.

Bagi daerah yang masih mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), menjadi tanggung jawab bersama mulai dari pemerintah pusat hingga provinsi untuk memberikan pembinaan dalam memperbaiki pengelolaan keuangan daerah.

Beberapa yang harus diperhatikan dalam laporan keuangan pemerintah daerah yaitu pencatatan aset dengan baik, sumber daya manusia yang menguasai akuntansi, peruntukan bantuan sosial dan hibah harus tepat serta penguasaan Inspektorat di daerah terhadap materi sistem akuntansi pemerintahan yang baik.

Sementara penghargaan yang kali ini diraih merupakan yang ketiga kalinya diperoleh oleh Padang Panjang.

Wakil Wali Kota Padang Panjang Asrul yang menerima penghargaan itu menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran perangkat daerah Padang Panjang atas kerja kerasnya dalam meningkatkan dan mempertahankan kinerja baik.

“Capaian opini terbaik atas laporan keuangan merupakan salah satu indikator dari praktik pengelolaan keuangan daerah yang sehat dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” ujar Asrul.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar