Bupati Hendrajoni Salurkan Bantuan Korban Kerusuhan Wamena Rp135 Juta

id Wamena,hendrajoniPainan

Bupati Hendrajoni Salurkan Bantuan Korban Kerusuhan Wamena Rp135 Juta

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menyerahkan bantuan ke ahli waris korban kerusuhan di Wamena di Mesjid Nurul Islam, Kampung Tanjung Gadang, Kecamatan Sutera. (ANTARA SUMBAR/ist)

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni menyalurkan bantuan berupa uang ke ahli waris korban kerusuhan di Wamena, Papua, sebesar Rp135 juta.

"Rp135 juta ini merupakan bantuan dari Kementerian Sosial yang diperuntukan bagi sembilan warga Pesisir Selatan yang menjadi korban kerusuhan, masing-masing ahli waris menerima Rp15 juta," kata Hendrajoni usai menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis di Mesjid Nurul Islam, Kampung Tanjung Gadang, Kecamatan Sutera dalam rangkaian Safari Jumat, Jumat (18/10).

Ia menambahkan bantuan tersebut langsung diusulkannya ke kementerian berselang tidak berapa lama setelah dirinya mendapat informasi yang valid mengenai adanya warga daerah setempat yang menjadi korban.

"Saya langsung perintahkan pejabat di Dinas Sosial kabupaten untuk membuat proposal dan kami bersyukur langsung direspon oleh kementerian," kata dia.

Kendati demikian, imbuhnya, pihaknya masih tetap mengupayakan bantuan bagi korban kerusuhan yang selamat dan telah sampai di kampung halaman berupa bantuan permodalan ke pemerintah pusat.

"Kita sama-sama tahu hampir keseluruhan korban kerusuhan mengalami kerugian yang signifikan, tidak hanya barang dagangannya namun juga harta bendanya, mudah-mudahan dengan adanya bantuan mereka bisa memulai usaha baru untuk menggerakan ekonomi keluarga di kampung halaman," katanya lagi.

Kunjungan Bupati Hendrajoni dalam Safari Jumat ke Mesjid Nurul Islam, Kampung Tanjung Gadang didampingi sejumlah pejabat daerah setempat diantaranya Sektretaris Daerah Kabupaten setempat, Erizon, Direktur RSUD M Zein Painan, Sutarman, Kepala Baznas Pesisir Selatan, Supardi dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan itu Hendrajoni menyerahkan bantuan pembangunan Mesjid Nurul Islam dari pemerintah kabupaten sebesar Rp7,5 juta dan dari dirinya pribadi Rp5 juta.(*)