Ketua DPRD Sumbar serahkan bantuan untuk wanita rawan sosial ekonomi

id supardi, ketua dprd,padang,ketua

Ketua DPRD Sumbar serahkan bantuan untuk wanita rawan sosial ekonomi

Ketua DPRD Sumatera Barat Supardi bersama wanita rawan sosial ekonomi di Kota Payakumbuh (istimewa)

Padang (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Supardi menyerahkan bantuan usaha produktif Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) sebesar Rp5,5 miliar untuk Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota.

"Bantuan WERSE di Kota Payakumbuh diberikan kepada 837 orang dengan total anggaran Rp3 miliar, sedangkan Kabupaten Limapuluhkota Rp 2,5 miliar," katanya di Payakumbuh Sabtu.

Dirinya berharap bantuan ini bisa menjadikan wanita rawan sosial lebih produktif, sehingga angka kemiskinan yang dipengaruhi oleh wanita rawan sosial bisa ditekan.

Dia mengatakan bantuan WRSE merupakan tindaklanjut dari dan pokok pikiran yang dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019.

Kegiatan ini dihadiri oleh kepala bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial Provinsi Sumbar Esti pratiwi, Asisten tiga sekretaris daerah (setda) Kota Payakumbuh Amriul Datuak Karaiang dan Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kota Payakumbuh Idris.

Selain memberikan bantuan WRSE pihaknya juga memberikan bantuan terhadap pengurus Karang Taruna se- Kota Payakumbuh berupa bantuan satu unit komputer.

Dia mencontohkan di Pulau Jawa pemasaran produk yang dihasilkan oleh karang taruna dilakukan melalui dunia maya. Bantuan itu guna memberikan motivasi agar pemuda Payakumbuh bisa melakukan hal yang sama. Bantuan komputer beserta perangkat lainnya diberikan untuk dua kecamatan.

" Kita minta sebelum bantuan diterima harus dipastikan apakah bantuan itu lengkap atau tidak," katanya

Ia mengatakan keberadaan karang taruna bisa menjadi salah satu penangkal dari pengaruh buruk seperti narkoba dan penyakit masyarakat lainnya. Selain itu, keberadaan karang taruna juga bisa membantu program percepatan pembangunan dan pengembangan masyarakat.

Dia menjelaskan karang taruna merupakan sebuah organisasi sosial yang keberadaannya saat bermanfaat di tengah masyarakat. Organisasi ini terutama berisikan para pemuda.

"Tujuan organisasi mereka sangat baik untuk mendampingi dan mengadvokasi masyarakat di kelurahan tempat keberadaan karang taruna itu masing-masing," kata dia.