Legislator : Karang Taruna cegah pengaruh buruk narkoba

id supardi,dprd sumbar

Legislator : Karang Taruna cegah pengaruh buruk narkoba

Ketua DPRD Sumatera Barat Supardi (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Bukittinggi (ANTARA) - Ketua DPRD Sumatera Barat Supardi mengatkan keberadaan Karang Taruna di tengah masyarakat dapat mencegah peredaran narkotika dan penyakit masyarakat lainnya serta dapat membantu percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat

"Tujuan organisasi mereka sangat baik yakni mendampingi dan mengadvokasi masyarakat di kelurahan tempat keberadaan karang taruna itu masing-masing," katanya saat menjadi narasumber peningkatan kapasitas pengurus Karang Taruna se-Sumatera Barat di Bukittinggi, Kamis dan Jumat.

Menurut dua Karang Taruna merupakan sebuah organisasi sosial yang berisikan para pemuda dan keberadaannya sangat bermanfaat di tengah masyarakat.

Selain itu, lanjutnya Karang Taruna juga merupakan aktifitas penggerak dalam bentuk wadah sosial kemasyarakatan dan senjata ampuh dalam pembangunan baik fisik maupun non fisik di setiap kelurahan.

"Melihat besarnya peran Karang Taruna ini di masyarakat, para pemuda yang menjadi anggota organisasi ini haruslah para pemuda pilihan," katanya.

Menurut dia para pemuda ini haruslah memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat serta memiliki visi dan tujuan yang ikut aktif berperan untuk memajukan masyarakat dan daerah.

“Pemuda merupakan aset sumber daya manusia yang sangat potensial untuk membantu perkembangan masyarakat dan daerah.Mereka memiliki kelebihan yakni memiliki energi lebih besar dan juga memiliki kepedulian idealis yang besar pula,” katanya.

Selain itu, lanjutnya para pemuda juga memiliki pemikiran, visi dan inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat dan daerah. Untuk itulah adanya Karang Taruna dapat menjadi alah satu wadah yang menaungi dan juga menyalurkan potensi para pemuda dalam memberikan kontribusi untuk masyarakat dan daerah masing-masing.

"Sesuai dengan kata Sukarno : berikan aku 100 orang tua maka akan kucabut Gunung Semeru dari akarnya. Berikan aku 10 pemuda maka akan kuguncang dunia," kata dia.

Kata-kata Sukarno ini menjadi salah satu bukti betapa potensi dan kemampuan para pemuda sangatlah besar. Potensi dan kemampuan itu harus dinaungi dan disalurkan agar bisa membantu pengembangan dan kemajuan masyarakat serta daerah.