BPBD Agam tumbangkan pohon potensi timpa rumah warga

id Bpbd agam,Penebangan pohon

BPBD Agam tumbangkan pohon potensi timpa rumah warga

Tim BPBD Kabupaten Agam, sedang memberaihkan pohon yang sudah dipotong dalam antisipasi korban jiwa dan kerugian material, Jumat (18/10). (Dok BPBD Agam)

Lubukbasung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menurunkan tim untuk menebang pohon yang berpotensi menimpa rumah warga dalam mengantisipasi korban jiwa dan kerugian materil.

Kepala BPBD Agam Muhammad Lutfi AR didampingi Kasi Pencegahan, Carli Agus Windra di Lubukbasung, Jumat, mengatakan penebangan pohon yang berpotensi tumbang itu dilakukan di Pasia Tiku, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjungmutiara, Jumat, dengan melibatkan 10 orang yang berasal dari BPBD, pemerintah kecamatan, pemerintah nagari dan lainnya.

Sebelumnya pohon tumbang menimpa dua unit rumah milik warga di Pasia Tiku, Nagari Tiku Selatan saat curah hujan disertai angin kencang, Senin (14/10).

"Kita tidak menginginkan bencana alam ini kembali terjadi di daerah itu," katanya.

Terkait cuaca ekstrem, Lutfi mengimbau warga yang tinggal di sekitar pohon, daerah dataran rendah dan tinggi untuk meningkatkan kewaspadaan dengan cara mengungsi ke lokasi lebih aman saat curah hujan tinggi disertai angin kencang melanda daerah itu.

Ini dalam rangka agar tidak menimbulkan korban jiwa saat bencana melanda daerah itu.

"Segera mengungsi ke daerah lebih aman agar tidak menjadi korban jiwa," katanya.