Pariaman jadi tuan rumah peringatan Hari Nusantara Nasional 2019

id Hari Nusantara Nasional 2019,Genius Umar,Kota Pariaman,Berita Pariaman,Berita Sumbar

Pariaman jadi tuan rumah peringatan Hari Nusantara Nasional 2019

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar (tengah) pimpin rapat persiapan peringatan Hari Nusantara Nasional yang akan dilaksanakan 13 Desembar di Pantai Gandoriah, di Pariaman, Kamis. (Antara/Aadiaat M. S.)

Pariaman (ANTARA) - Kota Pariaman, Sumatera Barat, menjadi tuan rumah peringatan Hari Nusantara Nasional pada 13 Desember 2019 di Pantai Gandoriah dan akan diisi dengan kegiatan bertema kemaritiman.

"Hari ini kami melaksanakan rapat bersama pihak Kementerian Pertahanan, TNI, serta pihak lainnya untuk memastikan kesiapan sebagai tuan rumah," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar usai melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan peringatan Hari Nusantara Nasional di Pariaman, Kamis.

Ia menyampaikan banyak kegiatan yang dilaksanakan pada peringatan Hari Nusantara Nasional tersebut yaitu di antaranya membersihkan pantai, kegiatan kemaritiman serta menampilkan seribu gadang tasa.

Selain itu, lanjutnya juga ada kapal angkatan laut menjadi tempat pemeriksaan kesehatan untuk warga Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

"Jadi kegiatannya banyak, ada bakti sosial, kesenian dan pariwisata, bahkan lomba berenang yang pesertanya angkatan laut," katanya.

Ia berharap peringatan Hari Nusantara Nasional tersebut dihadiri oleh Presiden RI sehingga pihaknya dapat menyampaikan perkembangan pembangunan di Pariaman.

"Nanti kami akan menyampaikan terkait perkembangan program pembangunan nasional yang ada di Pariaman," ujarnya.

Ia menyebutkan program tersebut yaitu mulai dari kota tepi air atau waterfront city, pembangunan pasar Pariaman serta pariwisata.

Oleh karena itu, lanjutnya pihaknya berupaya menjadi tuan rumah peringatan Hari Nusantara Nasional agar dapat menarik lebih banyak program nasional ke Pariaman guna mempercepat pembangunan di daerah itu.

"Pariaman siap sebagai tua rumah dan yang melatarbelakangi ialah semangat kami untuk berada di level nasional," kata dia.