Kodim dan BPBD Padang rangkul insan kebencanaan antisipasi bencana

id Kodim 0312/Padang,Berita Padang, Padang terkini, berita Sumbar,BPBD Padang

Kodim dan BPBD Padang rangkul insan kebencanaan antisipasi bencana

Dandim 0312/Padang Kolonel Arh Nova Mahanes Yudha (sebelah kiri)

Padang (ANTARA) - Kodim 0312/Padang bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menggandeng insan kebencanaan yang ada di ibukota Sumatera Barat itu untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam.

"Kami mencoba menggandeng seluruh organisasi kebencanaan yang ada di Padang dalam menyatukan visi dan misi membantu masyarakat untuk mengantisipasi bencana alam," kata Dandim 0312/Padang Kolonel Arh Nova Mahanes Yudha, di Padang, Kamis.

Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan berupa coffe morning yang diinisiasi oleh BPBD Kota Padang dan kegiatan tersebut sudah berjalan sejak tiga tahun yang lalu, bahkan sudah menjadi kegiatan bulanan.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk menyatukan pikiran antara Kodim 0312/Padang dengan BPBD dan organisasi kebencanaan dalam membantu masyarakat untuk mengantisipasi bencana alam," sambung dia.

Menurutnya ada tiga hal yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi bencana yakni sebelum terjadi bencana, saat terjadi dan sesudah terjadi bencana alam.

Ia juga mengatakan biasanya kegiatan tersebut dilakukan di kantor BPBD Kota Padang dan kali ini diadakan di wilayah Kodim 0312/Padang.

Selain itu, Kepala BPBD Kota Padang Edi Hasymi berharap kegiatan tersebut terus berlanjut ke depannya.

"Tanpa kerja sama yang baik maka kita tidak bisa berbuat apa-apa, maka dengan adanya kerja sama ini dapat meningkatkan kinerja untuk membantu menanggapi kebencanaan," ujar dia.

Selain itu, ia juga mengatakan pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait mengantisipasi kebencanaan ke masyarakat yang rawan bencana secara langsung dari rumah ke rumah.

Kegiatan cofee morning tersebut dihadiri oleh berbagai komunitas kemanusiaan yang terdapat di Padang seperti komunitas Aksi cepat Tanggap (ACT), Pramuka, Resimen Mahasiswa (Menwa) dan beberapa komunitas kemanusiaan lainnya.