Kagumi Rabab Pasisia, Kapolres Cepi Noval ingin populerkan alat musik Pesisir Selatan

id Cepi Noval,Kapolres Cepi Noval,Kapolres Pesisir selatan Cepi Noval,Kagumi Rabab Pasisia,populerkan Kagumi Rabab Pasisia,berita pesisir selatan,berita

Kagumi Rabab Pasisia, Kapolres Cepi Noval ingin populerkan alat musik Pesisir Selatan

Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Cepi Noval berfoto dengan sejumlah wartawan yang bertugas di daerah setempat usai gelaran Coffe Morning, Rabu (16/10). (ist)

Painan, (ANTARA) - Kapolres Pesisir Selatan, Sumatera Barat, AKBP Cepi Noval berencana menggelar kegiatan sebagai upaya mempopulerkan Rabab Pasisia yang merupakan alat musik tradisional asal daerah setempat.

"Kegiatannya akan dikemas semenarik mungkin, apakah nanti berbentuk perlombaan, pemecahan rekor atau lainnya," kata dia di sela gelaran Coffe Morning dengan sejumlah wartawan yang bertugas di Pesisir Selatan, Rabu.

Hal tersebut, kata dia, dilakukan sebagai bentuk kekagumannya dengan alat musik gesek tersebut, selain karena cara memainkannya yang unik juga karena bunyi khas yang dihasilkan.

Alat musik Rabab Pasisia, imbuhnya, mirip dengan biola hanya saja biola dimainkan oleh violinis dalam keadaan duduk atau berdiri, dan memposisikan biola di bahunya.

Sementara Rabab Pasisia dimainkan oleh tukang biola dalam keadaan bersila dan alat musik tersebut disangga dengan kakinya.

"Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut kami akan menggandeng sejumlah pihak mulai dari pemerintah kabupaten hingga komunitas-komunitas pecinta Rabab Pasisia," katanya lagi.

Dengan kegiatan tersebut dirinya berharap Rabab Pasisia bisa menjadi salah satu instrumen yang tidak bisa dipisahkan dari kemajuan pariwisata di Pesisir Selatan kedepannya.

"Jika dikemas dengan baik dan dipopulerkan dengan maksimal saya yakin Rabab Pasisia akan menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke Pesisir Selatan selain karena objek wisata bahari daerah ini yang mempesona," katanya lagi.

Rabab Pasisia memiliki komposisi nada tersendiri tergantung pemain rababnya, lagu yang dibawakan juga begitu, ada yang bercerita mengenai tokoh yang melegenda, suka cita dalam kehidupan dan lain sebagainya.

Guna mempopulerkan alat musik tersebut tahun ini Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan membangun tugu Rabab Pasisia yang berada di pintu masuk ibu kota kabupaten setempat. (*)