Hasil lelang sejumlah aset, tambah pendapatan Solok Selatan Rp500 juta

id lelang,berita solok selatan

Hasil lelang sejumlah aset, tambah pendapatan Solok Selatan Rp500 juta

Ilustrasi (Antara/Nanang Mairiadi).

Padang Aro,   (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat melalui perantara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) melelang sejumlah aset secara daring, Selasa.

"Dari lelang sejumlah aset tersebut berhasil mendapatkan sekitar Rp500 juta dan akan masuk pendapatan lain yang sah," kata Sekretaris Daerah Solok Selatan Yulian Efi, di Padang Aro.

Dari hasil lelang tersebut yang paling mahal terjual yaitu satu unit alat berat tahun 2006 PC 200 sebesar Rp227 juta.

Aset Negara yang dilelang kebanyakan dalam kondisi rusak berat dan kendaraan yang sudah hilang surat kelengkapannya bahkan ada yang dihitung dalam keadaan besi tua.

Untuk kondisi barang yang dihitung besi tua dilelang dalam bentuk satu paket untuk menarik minat dan meningkatkan nilai jualnya.

Selain itu juga ada satu unit mobil pajero tahun 2015 tetapi dalam kondisi rusak berat yang dilelang oleh pemerintah setempat.

"Ada 41 item termasuk dalam bentuk paket yang dilelang hari ini," ujarnya.

Dia memastikan, lelang berbagai aset ini berjalan jujur dan semua peserta mendapatkan kesempatan yang sama karena dilakukan secara daring.

Dari 41 objek yang dilelang, katanya, ada dua item yang tidak ada penawarnya sehingga dinyatakan gagal lelang.

Dia menambahkan, bagai pemenang lelang harus melunasi harga pembelian dan bea lelang dua persen paling lambat lima hari kerja sejak pelaksanaan lelang.

"Apabila pemenang lelang tidak melunasi kewajiban pembayaran lewat dari lima hari maka uang jaminan akan disetorkan ke kas negara," katanya.