Jadi tuan rumah Hari Keluarga Nasional 2020, 30 ribu tamu bakal kunjungi Padang

id berita padang, berita sumbar,makalah tentang keluarga,jenis jenis keluarga,pengertian keluarga menurut para ahli,ciri ciri keluarga,v

Jadi tuan rumah Hari Keluarga Nasional 2020, 30 ribu tamu bakal kunjungi Padang

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang Heryanto Rustam . (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (ANTARA) - Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVII 2020 yang akan digelar pada 11-14 Juni 2020.

Kegiatan bertaraf nasional ini bakal berlangsung selama 11-14 Juni 2020 dalam acara ini diperkirakan bakal dihadiri sebanyak 30 ribu lebih peserta mulai dari i para kepala daerah, TP-PKK kabupaten/kota se-Sumbar dan seluruh provinsi di Indonesia serta undangan lainnya," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang Heryanto Rustam di Padang, Sabtu

Menurutnya kegiatan Harganas juga berdekatan dengan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XVI yang digelar pada 20-25 Juni 2020.

"Saat ini kita di bawah koordinasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar, tengah menyiapkan segala sesuatunya. Semoga penyelenggaran Harganas XXVII nanti bisa berjalan lancar serta tercapai tujuan dan sasaran yang diinginkan," ujar dia.

Ia menjelaskan tpelaksanaan Harganas menjadi momentum meningkatkan komitmen pemerintah pusat dan pemerintah daerah tentang pentingnya pembangunan dan ketahanan keluarga.

Selanjutnya mengingatkan keluarga mengenai peran dan fungsi keluarga dalam rangka mewujudkan keluarga kecil yang berketahanan dan sejahtera, kata dia.

Ia menyampaikan ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan mulai dari kegiatan pra Harganas hingga tiba di waktu pelaksanaannya.

Untuk puncaknya yaitu menggelar bhakti sosial berbagai macam bentuk pelayanan, olahraga bersama, gala dinner, penyerahan penghargaan dan pameran dagang dan gelar produk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).

"Kita berharap penyelenggaraan Harganas ataupun Penas KTNA nanti bisa memberikan manfaat bagi Kota Padang. Terutama meningkatkan pariwisata dan perekonomian masyarakat ," katanya.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengusulkan burung balam jenis burung tekukur (Streptopelia Chinensis) sebagai maskot Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2020 yang akan dilaksanakan di Kota Padang.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DPPKBKP) Sumbar Novrial mengatakan burung balam merupakan burung jenis endemik Sumbar sehingga dipilih sebagai usul maskot kegiatan.

Ia mengatakan pemilihan burung balam ini sebagai maskot Harganas 2020 tentu memiliki filosofi yakni burung ini memberikan fungsi keluarga, pertanian dan pariwisata.