Pastikan bebas narkoba, BNNK tes urine puluhan petugas Lapas Pariaman

id tes urine petugas lapas pariaman,berita pariaman,berita sumbar,sumbar terkini,pariaman,lapas pariaman

Pastikan bebas narkoba, BNNK tes urine puluhan petugas Lapas Pariaman

Pegawai Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Sumbar sedang melakukan tes urine petugas Lapas Kelas II B Pariaman, di Pariaman, Jumat.  (Antara Sumbar/Aadiaat M.S)

Pariaman, (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Pariaman, Sumatera Barat bekerja sama dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pariaman melakukan tes urine puluhan petugas Lapassetempat guna memastikan mereka bebas narkoba.

"Ada yang mengatakan di Lapas banyak peredaran narkoba, untuk memastikan isu-isu tersebut perlu tes urine terhadap petugas," kata Ketua BNNK Pariaman Mardison Mahyuddin saat inspeksi mendadak di Lapas Kelas II B Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan jika pada tes ini ditemukan petugas positif narkoba, maka pihaknya akan menyerahkannya kepada pimpinan Lapas guna pemberian sanksi.

Menurutnya jika seluruh petugas di Lapas Kelas II B Pariaman bebas narkoba dan berkomitmen memberantasnya, maka lembaga itu akan bebas dari barang haram tersebut.

"Kami akan terus memberikan dukungan terhadap pihak Lapas untuk memberantas barang haram ini," katanya.

Tidak hanya di Lapas, lanjutnya pihaknya secara bertahap akan memeriksa urine pegawai di istansipemerintah di Pariaman guna membebaskan daerah itu dari penyalahgunaan narkoba.

Ia mengatakan hasil pemeriksaan tersebut akan disampaikan tiga hari ke depan.

Sementara itu, Kalapas Pariaman Pudjiono Gunawan mengatakan pemeriksaan urine tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Dharma Karyadhika atau hari ulang tahun Kementerian Hukum dan HAM.

"Dalam peringatan tersebut kami ingin memastikan petugas Lapas bebas dari narkoba," ujarnya.

Untuk membebaskan narapidana di Lapas itu dari penyalahguanaan narkoba, maka penjaganya terlebih dahulu harus bebas dari barang haram itu.

"Jika sudah bersih maka baru kami bisa melakukan pembinaan terhadap narapidana," kata dia.

Namun berdasarkan pemeriksaan sebelumnya bersama BNNK Pariaman,petugas Lapas masih bebas dari narkoba.

"Kalau pun ditemukan indikasinyahanya petugas yang sedang mengonsumsi obat," ujar dia.

Dalam peringatan Hari Dharma Karyadhika tersebut pihaknya juga menyelanggarakan bakti sosial ke panti asuhan dan membersihkan masjid di lokasinya berdekatan dengan Lapas Kelas II B Pariaman. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar