Tim nasional Belgia jadi tim pertama lolos ke putaran final

id timnas belgia,kualifikasi euro 2020,piala eropa 2020

Tim nasional Belgia jadi tim pertama lolos ke putaran final

Penyerang tim nasional Belgia Romelu Lukaku (kanan) merayakan golnya ke gawang San Marino bersama rekan-rekannya dalam laga lanjutan Grup I Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion King Baudouin, Brussels, Belgia, Kamis (10/10/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Francois Lenoir)

Jakarta, (ANTARA) - Tim nasional Belgia jadi yang pertama memastikan kelolosan ke putaran final Piala Eropa 2020 setelah menghabisi tamunya San Marino 9-0 di Stadion King Baudouin, Brussels, Kamis setempat (Jumat WIB).

Hasil itu membuat Belgia membukukan catatan sapu bersih kemenangan dalam tujuh pertandingan yang sudah dijalani dan mengukuhkan diri di puncak klasemen Grup I dengan koleksi 21 poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Pasalnya, Belgia kini unggul 11 poin dari peringkat ketiga, Siprus (10), sedangkan turnamen kualifikasi tinggal menyisakan tiga pertandingan lagi untuk dijalani.

Sejak laga belum digelar, ketimpangan sudah bisa diprediksi bakal terjadi mengingat San Marino identik sebagai penderita di antara negara-negara Eropa di dunia sepak bola.

Terlebih lagi dalam pertemuan pertama di kandang San Marino sebulan silam, Belgia menang 4-0 atas lawannya tersebut.

Walhasil statistik mencatat Belgia memiliki 83 persen penguasaan bola dengan 43 percobaan tembakan yang 16 di antaranya menemui sasaran meski dua gol mereka berasal dari gol bunuh diri lawan.

Romelu Lukaku mengemas dua gol sedangkan Nacer Chadli, Youri Tielemans, Christian Benteke, Yari Verschaeren dan Timothy Castagne masing-masing menyumbang satu gol.

Hasil itu memastikan Belgia bakal tampil untuk keenam kalinya dalam putaran final Piala Eropa, meski prestasi terbaik mereka sejauh ini sebagai runner-up pada edisi 1980.

Susunan pemain:

Belgia (3-4-3): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Thomas Vermaelen, Jan Vertonghen; Timothy Castagne, Hans Vanaken, Youri Tielemans, Nacer Chadli; Dries Mertens (Yari Verschaeren), Romelu Lukaku (Christian Benteke), Eden Hazard (Yannick Ferreira Carrasco)

Pelatih: Roberto Martinez

San Marino (5-3-2): Simone Benedettini; Manuel Battistini, Cristian Brolli, Davide Simoncini, Mirko Palazzi, Andrea Gardioni (Lorenzo Lunadei); Marcello Mularoni, Enrico Golinucci, Mattia Giardi (Adolfo Hirsch); Nicols Nanni, Filippo Berardi (Alessandro Golinucci)

Pelatih: Franco Varrella