Balai Bahasa Sumbar beri penyuluhan bahasa di Padang Panjang

id balai bahasa padang

Balai Bahasa Sumbar beri penyuluhan bahasa di Padang Panjang

Plt Kepala Dinas Kominfo Padang Panjang Ampera Salim. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Balai Bahasa Sumatera Barat bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Padang Panjang memberikan penyuluhan bahasa Indonesia bagi mahasiswa, pers dan perangkat daerah di Padang Panjang, Kamis.

Kepala Subbagian Tata Usaha Balai Bahasa Sumatra Barat Herlinda di Padang Panjang, Kamis, mengatakan penyuluhan penggunaan bahasa Indonesia merupakan kegiatan strategis di badan pengembangan bahasa unit pertama dan di seluruh provinsi.

Selama 2019, Padang Panjang merupakan daerah dari lima daerah yang diberikan kegiatan penyuluhan tersebut. Penyuluhan juga dilaksanakan dalam bentuk diskusi terpumpum untuk menambah pemahaman peserta terhadap penggunaan bahasa Indonesia.

Plt Kepala Dinas Kominfo Padang Panjang Ampera Salim menambahkan Perpres No 63 tahun 2019 tentang penggunaan bahasa Indonesia memiliki aturan yang menarik mengenai penggunaan bahasa nasional tersebut.

"Dalam aturan itu, pejabat berpidato menggunakan bahasa Indonesia di berbagai forum baik nasional maupun internasional. Maka penggunaannya sudah menjadi keharusan," katanya.

Karena telah menjadi keharusan maka menurutnya masyarakat sudah seharusnya mengetahui bagaimana penggunaan bahasa yang baik dan benar sesuai kaidah.

"Terutama bagi peserta mahasiswa, pers dan perangkat daerah pemahaman penggunaan bahasa itu penting sekali. Diharapkan dengan mengikuti penyuluhan ini kita bisa biasakan memakai bahasa Indonesia di tempat berdinas," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar