Makmurkan masjid, Payakumbuh latih khatib

id payakumbuh

Makmurkan masjid, Payakumbuh latih khatib

Pelatihan khatib dan imam (ANTARA SUMBAR/istimewa)

​​​​​​​Payakumbuh  (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh akan memberikan pelatihan untuk khatib dan imam pada 23 dan 24 Oktober untuk memakmurkan masjid atau meningkatkan nilai-nilai keagamaan di tengah masyarakat.

"Pelatihan ini untuk seluruh masjid yang ada di Kota Payakumbuh, ini juga menyikapi usulan-usulan masyarakat Kota Payakumbu saat Musrenbang terkait permasalahan khatib dan imam," kata Kasubag Kesos Payakumbuh, Wirman di Payakumbuh, Kamis.

Pelatihan ini karena sering terjadinya ketidakhadiran khatib saat shalat jumat sehingga pengurus masjid kewalahan mencari pengganti.

"Diharapkan setiap masjid nantinya mengutus perwakilannya untuk pelatihan imam dan khatib ini, agar seluruh kegitan keagamaan di masjid dapat berjalan dengan lancar," tambahnya.

Sebelumnya Pemko Payakumbuh sudah pernah melakukan pelatihan imam dan khatib terhadap 80 orang utusan dari setiap masjid.

"Namun kurangnya jam terbang sehingga apa yang kita harapkan masih belum berjalan sebagaimana mestinya," ujarnya.

Ia mengatakan masih banyak dari khatib yang dilatih sebelumnya belum berani tampil sebagai khatib.

"Untuk menyikapi hal itu, pelatihan kali ini kita akan perbanyak praktek dan usia bagi peserta tidak dibatasi," jelasnya.

Ia mengharapkan dengan pelatihan ini memakmurkan masjid dapat tercapai, dan setiap masjid menjadi ramai serta lahir kader-kader untuk masa yang akan datang.

Sementara itu Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh Jufrimal menyampaikan apresiasinya kepada Pemko Payakumbuh dengan pelatihan imam dan khatib ini.