Bupati: peranan Bundo Kanduang sentral dalam membangun kecerdasan anak

id Bundo Kanduang,Puti Reno Raudha Thaib,Muzni Zakaria

Bupati: peranan Bundo Kanduang sentral dalam membangun kecerdasan anak

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria saat menghadiri Konsolidasi bumdo kanduang sesumbar, Kamis. (ANTARA/Erik Ifansya Akbar)

Padang Aro,  (ANTARA) - Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, Muzni Zakaria mengatakan peranan Bundo Kanduang sangat sentral untuk membangun karakter dan kecerdasan intelektual generasi bangsa.

"Bundo kanduang memiliki sifat keibuan, paling dekat dengan anak, pemimpin sejati serta bijaksana sehingga peranannya sangat sentral dalam mengembangkan karakter dan intelektual anak," katanya saat rapat Konsolidasi Bundo Kanduang se Sumatera Barat, di Padang Aro, Kamis.

Dia mengatakan, bundo kanduang merupakam perempuan pemimpin sejati sehingga harus memahami tugas dan fungsinya ditengah masyarakat.

Selain itu, bundo kanduang juga mampu menyelesaikan permasalahan sosial ditengah masyarakat.

Ketua Bundo Kanduang Sumbar Puti Reno Raudha Thaib, mengatakan, konsolidasi hari ini merupakan yang pertama pada 2019 dan seharusnya dilaksanakan tiga kali dalam satu tahun.

Menurut dia, Bundo Kanduang merupakam sebutan bagi raja perempuan terakhir karena menurut legenda diyakini nama Bundo Kanduang merupakan raja perempuan yang keramat.

Seorang Bundo Kanduang katanya, merupakan seorang perempuan yang sudah menikah atau sudah berkeluarga.

"Bundo Kanduang yang disebut dalam adat adalah perempuan utama dan kedudukan sangat penting dalam adat," ujarnya.

Bundo Kanduang katanya, menjadi perekat dan pendamai bagi anggota keluarganya yang tersisih dari kaumnya.

Dia menambahkan, seorang Bundo Kanduang harus memiliki kecerdasan yang tinggi dan dia harus bisa melihat persoalan yang terjadi dalam Nagari maupun kaumnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar