Pemkot Solok beri pelatihan Satlinmas RT dan RW

id Satlinmas,wawako solok Reinier,berita solok

Pemkot Solok beri pelatihan Satlinmas RT dan RW

Ilustrasi. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/hp.

Solok, (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat, memberikan sosialisasi dan pelatihan bagi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) RT dan RW se kota itu di Lapangan Merdeka.

"Pelatihan Satlinmas ini sebagaimana amanat peraturan dalam negeri no.84/2014 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat, salah satu tugas hak dan kewajiban adalah membantu dalam penanggulangan bencana," kata Wakil Wali Kota Solok, Reinier di Solok, Rabu.

Reinier memyebutkan Satlinmas ini merupakan Warga Negara Republik Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk diangkat dan secara suka dan rela turut serta dalam kegiatan perlindungan masyarakat, kapan saja, terlebih lagi bersifat sosial.

Pelaksanaan pelatihan Satlinmas membantu penanggulangan bencana, diantaranya kebakaran.

"Seperti simulasi ini yang kegiatannya sangat penting sekali dalam mengetahui bagaimana cara mengatasi dampak luas dari kebakaran dan hal-hal apa saja yang dilakukan untuk mengantisipasi kebakaran tersebut," ujarnya.

Selanjutnya tugas Satlinmas sebagai pelindung dan pengaman negara ini dari ruang lingkup paling terkecil yaitu RT dan RW yang berada di kelurahan.

"Untuk itu sangat perlu sekali kiranya Satlinmas dibekali ilmu dalam penanggulangan bencana kebakaran, baris-berbaris dan bela diri sehingga apabila sewaktu-waktu ada kejadian ataupun bencana anggota linmas akan terjun langsung di lapangan," ujarnya.

Dalam hal pelaksanaan tugas, Satlinmas telah berjalan dan mengambil keputusan sendiri apabila ada kejadian, tentunya dengan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait, sehingga diharapkan tugas-tugas di lapangan akan berjalan dengan baik dan lancar.

Selain itu, Satlinmas sebagai wujud tanggung jawab terhadap pekerjaan di lingkungan masing-masing, mereka wajib melaporkan hasil kegiatan atau permasalahan di lapangan secara berkala setiap bulannya melalui Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Solok.

"Sehingga setiap kegiatan dapat dimonitoring secara langsung oleh pihak terkait," ujarnya.

Acara juga dihadiri Kasatpol PP dan Damkar Kota Solok Ori Affilo, perwakilan Polres Solok Kota, serta 140 Satlinmas dari seluruh kelurahan di Kota Solok.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar