Dosen UNP buat media pembelajaran bagi guru SMK Pesisir Selatan gunakan gerbang logika

id UNP, pengabdian dosen, SMK,gerbang logika, Pesisir Selatan, Info Padang, Sumatera Barat,guru,pelajar

Dosen UNP buat media pembelajaran bagi guru SMK Pesisir Selatan gunakan gerbang logika

Kegiatan membuat trainer gerbang logika untuk media pembelajaran  (ist)

Padang (ANTARA) - Dosen Universitas Negeri Padang (UNP) yang tergabung dalam tim pengabadian masyarakat mendorong peningkatan keterampilan teknik digital melalui pembuatan media pembelajaran gerbang logika bagi guru-guru SMK Kabupaten Pesisir Selatan.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat.

Kabupaten Pesisir Selatan, memiliki beberapa SMK yang mengembangkan program studi Teknik Audio Video (TAV) sebagai tantangan untuk menjawab kemajuan teknologi di bidang Audio Video.

Program studi ini bertujuan untuk menyiapkan siswa agar memiliki keterampilan untuk memasuki lapangan kerja pada perusahaan yang bergerak di bidang elektronik selain untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Kegiatan digelar berlangsung pada 1-4 Oktober 2019 di SMKN 1 SUTERA yang diikuti oleh 15 orang guru yang berasal dari anggota MGMP TAV Kabupaten Pesisir Selatan, sebut Asnil yang juga dosen jurusan Teknik Elektro FT-UNP kepada Antara, Senin.

Menurut dia, untuk mewujudkan hal tersebut maka seorang guru harus bisa lebih kreatif mungkin terutama dalam menggunakan media sebagai penyampaian informasi kepada siswanya.

Apalagi dengan pesatnya perkembangan teknologi dibidang digital maka seorang guru harus mampu berinovasi dengan baik agar siswa bisa tertarik untuk belajar dan apa yang disampaikan guru dapat diterima dengan baik oleh siswa.Apa yang dijelaskan di atas adalah tantangan untuk sekolah dalam hal memfasilitasi sebaik mungkin agar terciptanya pembelajaran yang baik, aktif dan tujuan pembelajaran tercapai dengan baik.

Organisasi guru TAV Kabupaten Pesisir Selatan yang dikenal dengan istilah MGMP terdiri dari SMKN 1 Koto XI Tarusan, SMKN 1 Painan, SMKN 1 SUTERA, SMKN 1 Linggo Sari Baganti dan SMKN 1 Ranah Ampek Hulu Tapan.
Kegiatan membuat trainer gerbang logika untuk media pembelajaran (ist)
Melakukan berbagai upaya agar proses pembelajaran yang dilakukan bisa makin kreatif dan semenarik mungkin sehingga tujuan yang diharapka bisa tercapai, termasuk dengan melakukan berbagai inovasi dalam penggunaan media pembelajaran.

Permasalahan yang telah dijelaskan di atas melatarbelakangi apa yang dilakukan oleh tim dari UNP untuk mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam upaya membantu sekolah untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai.

Tim pengabdian UNP dengan Ketua Asnil, S.Pd., M.Eng serta anggota tim Fivia Eliza, S.Pd., M.Pd dan Irma Husnaini, ST., MT, mencermati permasalahan tersebut, maka guru-guru pada MGMP TAV Kabupaten Pesisir Selatan perlu dilatih dalam hal pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif khususnya untuk mempelajari dasar-dasar teknik digital menggunakan gerbang logika.

Menurut Asnil, pembelajaran yang interaktif terutama menggunakan media seperti trainer pembelajaran sangat dibutuhkan karena siswa dapat berlatih sendiri mengenai topik yang akan dipelajari.

“Selain dari membantu guru dalam mengembangakan media untuk pembelajaran, kegiatan pengabdian ini juga sebagai wadah bagi guru untuk membuka cakrawala dalam melakukan entrepreneur karena apa yang dihasilkan melalui kegiatan pengabdian yang dilakukan, sekolah juga dapat memproduksi trainer pembelajaran yang lain yang punya nilai jual sehingga bisa menjadi income tambahan bagi sekolah,” tambah Fivia.
Tim dosen UNP foto bersama usaia kegiatan membuat trainer gerbang logika untuk media pembelajaranpara guru SMK di Kabupaten Pesisir Selatan, (ist)


Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar