Tari Anak Balam akan meriahkan finis TdSetape VIIIdi Pesisir Selatan

id Hadi Susilo,TdS2019,berita pesisir selatan,tari anak balam,berita sumbar,sumbar terkini

Tari Anak Balam akan meriahkan finis TdSetape VIIIdi Pesisir Selatan

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo. (ist)

Painan, (ANTARA) - Tari Anak Balam yang diadopsi dari ritual pengobatan tradisional di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan ditampilkan untuk memeriahkan finis balapan Tour de Singkarak (TdS) 2019 etape VIII di daerah setempat.

"TdS etape VIII dilaksanakan pada 9 November 2019 dari Kota Sungai Penuh, Jambi dan finis di Painan, di lokasi finis tari Anak Balam yang melegenda akan ditampilkan sebagai hiburan," kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo di Painan, Rabu.

Tari Anak Balam, tambahnya akan ditampilkan oleh sanggar seni asal daerah setempat, selain itu pada kesempatan tersebut juga akan disajikan sejumlah panganan tradisional.

Saat ini, menurutnya, ritual pengobatan tradisional Anak Balam sudah sulit ditemukan namun di sejumlah daerah masih ada sebagian masyarakat yang melakoninya seperti di Kecamatan Sutera dan Lengayang.

"Pengobatan dengan ritual Anak Balam ini cukup mistis, dalam prosesnya kekuatan syair atau mantra serta musik sangat berperan," kata dia.

Ia menjelaskan nama Anak Balam berasal dari nama burung Perkutut yang familiar disebut dengan nama burung Balam oleh warga setempat, karena anak burung tersebut selalu dua, maka pada ritual yang sebenarnya jumlah penari juga berjumlah genap.

Mereka akan menari mengikuti irama yang dihasilkan rabab atau biola yang merupakan alat musik gesek tradisional yang dimainkan pada kesempatan itu, sembari melafaskan syair secara berirama.

Pada waktu tertentu disaat para penari asik memainkan perannya, tiga orang diantara mereka akan pingsan atau tidak sadarkan diri, sementara satunya lagi kesurupan dan bertindak sebagai dukun yang akan mengobati teman-temannya.

Ia menambahkan ritual Anak Balam telah terdaftar Direktorat Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2019 nomor registrasi 201900834.

Selain menjadi lokasi finis pada TdS 2019, Kabupaten Pesisir Selatan juga menjadi lokasi star etape IX dari daerah setempat ke Kota Padang yang akan dilaksanakan pada 10 November 2019. (*)