Indonesia terima penghargaan tujuan wisata terbaik di Afrika Selatan

id Indonesia-Afrika Selatan,Indonesia tujuan wisata,Indonesia raih penghargaan,Gauteng Getaway,Johannesburg Afrika Selatan,tujuah pariwisata terbaik

Indonesia terima penghargaan tujuan wisata terbaik di Afrika Selatan

Para pengunjung Paviliun Indonesia menari bersama para penari tarian tradisional Indonesia dalam pameran Gauteng Getaway di Johannesburg, Afrika Selatan yang berlangsung pada 4-6 Oktober 2019. (KBRI Pretoria)

Jakarta, (ANTARA) - Paviliun Indonesia berhasil meraih penghargaan tujuan wisata terbaik (Best Travel Destination Award) dalam pameran Gauteng Getaway di Johannesburg, Afrika Selatan yang berlangsung pada 4-6 Oktober 2019.

"Kita boleh berbangga bahwa Indonesia menjadi tujuan wisata favorit wisatawan asal Afrika Selatan. Di sini, kita akan mudah menemukan promosi dan paket wisata ke Bali dijual di berbagai tempat," kata Duta Besar RI untuk Afrika Selatan Salman Al Farisimelalui keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Melalui partisipasi dalam pameran itu, menurut Dubes Salman, pihaknya ingin memberikan lebih banyak informasi bagi masyarakat Afrika Selatan bahwa Indonesia memiliki ratusan pilihan tujuan wisata lainnya yang tidak kalah menarik dari Bali.

"Saya percaya potensi mendatangkan wisman asal Afrika Selatan masih dapat ditingkatkan," ujar dia.

Paviliun Indonesia yang terletak strategis di tengah Ticket Pro Dome, Johannesburg, berhasil menarik pengunjung yang datang selama tiga hari pameran.

KBRI Pretoria, Pusat Promosi Dagang Indonesia (ITPC) di Johannesburg, dan Kementerian Pariwisata menghadirkan dekorasi megah Gapura Candi Hindu dengan ornamentasi gambar tujuan wisata di Indonesia, seperti Labuan Bajo, Borobudur, Bromo, dan Danau Toba.

Pemilihan daerah wisata yang ditonjolkan sesuai dengan prioritas Kementerian Pariwisata yang sedang gencar mempromosikan "10 Bali Baru" (10 New Balis).

Menurut Dubes Salman, Paviliun Indonesia pada pameran Gauteng Getaway mencoba untuk memberikan pengalaman langsung kepada para pengunjung yang datang.

KBRI Pretoria secara khusus mengundang misi kebudayaan yang membawakan beberapa jenis tari tradisional seperti Tari Legong Bali, Tari Enggang Kalimantan Timur dan Tari Merak Jawa Barat. Para penari yang tampil menghibur di panggung utama, membawakan tarian dengan gerakan dinamis dan kostum yang menarik.

Selain itu, para penari mengajak para pengunjung untuk menari Maumere untuk semakin menyemarakkan suasana. Pengunjung Paviliun Indonesia juga dapat mencicipi langsung makanan khas Indonesia, seperti rendang, nasi kuning, dan rempeyek.

Sinergi terpadu yang dilakukan ITPC Johannesburg, KBRI Pretoria dan Kementerian Pariwisata membuahkan penghargaan untuk Paviliun Indonesia, yaitu "Best Travel Destination".

Kementeriaan Pariwisata melakukan berbagai strategi promosi untuk meningkatkan angka wisatawan mancanegara ke tanah air, antara lain dengan mengirimkan berbagai misi promosi dan penjualan ke pasar-pasar potensial dan mengikuti pameran wisata internasional, seperti Gauteng Gateway.

Afrika Selatan dianggap sebagai pasar strategis mengingat tren positif jumlah pelancong dari negara itu semakin bertambah setiap tahun.

Gauteng Getaway adalah salah satu pameran pariwisata terbesar di Afrika Selatan yang menghadirkan ratusan pelaku usaha wisata, seperti operator tur, agen perjalanan, dan penyedia kelengkapan aktivitas di luar ruangan (outdoor activities). (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar