Solok Selatan was-was, jalan nasional jalur TdS masih banyak yang rusak

id Tour de Singkarak,TdS 2019,rute tour de singkarak 2019,Cenderamata TdS,Berita Solok Selatan,Info solok selatan,berita sumbar

Solok Selatan was-was, jalan nasional jalur TdS masih banyak yang rusak

(ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/pd./)

Padang Aro (ANTARA) - Tak sampai sebulan even akbar balap sepeda Tour de Singkarak 2019 bakal digelar, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, tuan rumah finis, masih was-was dengan kondisi jalan nasional Padang-Kerinci yang masih banyak rusak.

"Saat ini yang menjadi kendala, yaitu jalan nasional dari Lembah Gumanti Kabupaten Solok hingga Liki Kabupaten Solok Selatan," Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten itu Harry Trisna, di Padang Aro, Selasa .

Saat ini dijalur yang akan dilewati TdS etape VI yaitu di Titian Panjang Kabupaten Solok masih dalam perbaikan jalan dan banyak tumpukkan batu di pinggirnya.

Selain itu juga masih banyak lubang dan untuk wilayah Solok Selatan yang terparah terdapat di Koto Birah Kecamatan Pauah Duo.

TdS yang dilaksanakan 2 hingga 10 November 2019 ada sembilan etape dan untuk ke Solok Selatan merupakan etape VI dengan jarak tempuh 214,2 kilometer dimana lokasi Start di Dermaga Singkarak (Kabupaten Solok) dan finish di taman kota Padang Aro (Kabupaten Solok Selatan).

Dia mengatakan, pada etape VI pebalap start di Dermaga Singkarak dan melintas mengelilingi danau Singkarak kemudian keluar di Sumani kemudian baru menuju Padang Aro melalui Lubuk Selasih.

Dengan jarak tempuh 214,2 kilometer, katanya, merupakan rute terpanjang dari semua etape yang ada.

Untuk persiapan Pemkab Solok Selatan sudah 90 persen, hanya tinggal lokasi finis yang belum siap.

"Taman Padang Aro sekarang masih dalam pengerjaan, kalau sampai tidak siap hingga pelaksanaan TdS lokasi finish bisa dipindahkan," ujarnya.

Dia menyebutkan, dua minggu menjelang pelaksanaan TdS panitia akan melakukan survei kembali tentang kesiapan jalan maupun lokasi finis. (*)