Berhasil kembangkan UMKM, Padang terima penghargaan Natamukti

id berita padang, berita sumbar, berita terkini, natamukti award

Berhasil kembangkan UMKM, Padang terima penghargaan Natamukti

Wali Kota Padang Mahyeldi menerima penghargaan natamukti 2019 dari Sekretaris Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Rully  Indrawan (Antara/Humas Pemkot)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang menerima penghargaan Natamukti 2019 dari International Council For Small Business (ICSB) Indonesia dari atas kesuksesan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah itu.

Penghargaan diterima langsung Wali Kota Padang Mahyeldi dari Sekretaris Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Rully Indrawan di IPB Convention Center Kota Bogor, Jawa Barat, Senin.

Penghargaan ini adalah sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang sukses mengembangkan UMKM dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan penyerapan lapangan kerja.

“Alhamdulillah Kota Padang menerima penghargaan Natamukti 2019 dan masuk dalam 40 daerah yang menerima penghargaan tersebut. Ini berkat kerja keras OPD terkait khususnya Dinas Koperasi dan UMKM,” kata Wali Kota Padang Mahyeldi saat dihubungi dari Padang.

Ia menyampaikan ke depan, Pemko Padang akan terus meningkatkan sinergi dan pembinaan, sehingga UMKM di Kota Padang terus berkembang untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kota Padang.

"Ada sekitar 80 ribu UMKM yang harus dikembangkan. Oleh sebab itu, melalui penghargaan ini jadi semangat untuk memberikan yang terbaik untuk kemajuan UMKM Kota Padang ke depan.

Sementara Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan dalam sambutannya melihat perhatian kepala daerah terhadap pengembangan UMKM tiap tahun semakin membaik dan meningkat.

Jika keadaan ini terus dikoordinasikan dengan baik, diyakini UMKM berkembang lebih baik dan menjadi identitas kuat bangsa Indonesia, ujarnya.

Ia menilai perlu diadakan kegiatan rutin yang mempertemukan para pelaku UMKM,pemerintah,dan investor.

Penghargaan Natamukti ini untuk keempat kalinya diadakan sejak pertama kali diselenggarakan pada 2016 di Denpasar, Bali.

Penghargaan diberikan kepada kota atau kabupaten yang berhasil dalam mempromosikan UMKM lokal serta mendorong peningkatan kualitas produk UMKM lokal dan membangun ekosistem UMKM di daerahnya.

Chairman International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Hermawan Kartajaya, menyebut kegiatan tanpa suntikan dana APBN ini semakin mendapat sambutan positif dari kepala daerah dan membuat banyak pihak tertarik melakukan pengembangan dan peningkatan kelas UMKM.

"Pengakuan terhadap Penghargaan Natamukti muncul dari berbagai pihak. Tahun ini saja mendapat sponsor dari BRI. Suatu pencapaian yang baik meski baru empat kali diadakan," ujar Founder dan Chairman MarkPlus, Inc yang juga pakar marketing ini.

Pihaknya berharap, dengan pemberian penghargaan kepada mereka yang peduli terhadap UKM bisa merasa terapresiasi atas apa yang sudah dilakukan dan pihak lain yang belum pun termotivasi untuk semakin peduli terhadap UMKM.