Sekwan : 65 Anggota DPRD Sumbar jalani orientasi di Kemendagri

id dprd sumbar,padang

Sekwan : 65 Anggota DPRD Sumbar jalani orientasi di Kemendagri

Sekretaris DPRD Sumatera Barat Raflis (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Sebanyak 65 anggota DPRD Sumatera Barat periode 2019-2024 menjalani orientasi di BPSDM Kementerian Dalam Negeri di Jakarta yang akan dimulai pada Senin (7/10).

Sekretaris DPRD Sumbar Raflis ketika dihubungi dari Padang, Senin mengatakauntuk angkatan pertama ini jumlah anggota DPRD Sumbar yang ikut orientasi sebanyak 55 orang dan 10 orang lainnya menyusul untuk gelombang II.

Ia mengatakan program pembekalan anggota dewan sebelum memasuki masa tugas diadakan oleh Kemendagri. Dalam pelaksanan, sekretariat memfasilitasi peserta dengan memberikan uang saku dan biaya perjalanan dinas.

“Peserta orientasi terdiri dari anggota dewan seluruh Indonesia, mereka mendapatkan pembekalan dalam rangka mengoptimalkan kinerja ,” katanya.

Menurut dia sebagai penyelenggara pemerintahan, DPRD harus mengetahui isu-isu terkini dalam menjalankan fungsi karena perkembangan sistem pemerintah semakin dinamis.

Dia mengatakan sosialisasi ragulasi baru merupakan tujuan utama pelaksanaan orientasi. Regulasi ini akan menjadi acuan untuk menjalankan fungsi dalam hal pengawasan, pembuatan peraturan daerah serta pembahasan anggaran.

“Pembekalan ini sangat penting. Artinya dalam rangka meningkatkan kapasitas pengawasan DPRD dalam mengawali masa tugas,” ujarnya.

DPRD memberikan rekomendasi terkait program pembangunan yang telah dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi untuk mencapai tujuan pembangunan yang telah ditetapkan.

"Melalui orientasi, anggota DPRD semakin efektif dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya terutama dalam pengawasan. DPRD mengawal program pembangunan daerah ," katanya.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar