Bupati Hendrajoni serahkan bantuan nelayan senilai Rp3 miliar

id hendrajoni,bantuan nelayan,berita pesisir selatan

Bupati Hendrajoni serahkan bantuan nelayan senilai Rp3 miliar

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menyerahkan bantuan secara simbolis ke salah seorang nelayan. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

​​​​​​​Painan  (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni menyerahkan bantuan senilai Rp3 miliar kepada sejumlah kelompok nelayan di daerah setempat, Senin.

"Bantuan senilai Rp 3 miliar berupa mesin motor tempel, mesin longtail, perahu jukung, jaring, benih ikan, asuransi nelayan, dan lainnya," kata Bupati Hendrajoni usai kegiatan itu di Painan.

Ia menambahkan alokasi anggaran bantuan tersebut bersumber APBD kabupaten setempat dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kelautan dan Perikanan 2019.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengingatkan agar nelayan dapat memanfaatkan bantuan dengan baik sehingga bisa meningkatkan perekonomian keluarga.

"Saya minta bantuan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk peningkatan ekonomi, jangan disalahgunakan," kata dia.

Pihaknya mengaku terus berusaha meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan dengan meningkatkan jumlah sarana dan prasana tangkap serta peningkatan sumber daya manusia.

Menurutnya, pengembangan sektor perikanan dilakukan sesuai dengan visi dan misi pemerintah daerah yaitu mewujudkan masyarakat yang mandiri, unggul, agamais dan sejahtera.

Apalagi, kata dia, perairan di kabupaten setempat memiliki potensi perikanan yang cukup besar, namun diakui belum diolah secara maksimal untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Hal itu disebabkan masih minimnya sarana dan prasarana perikanan seperti alat tangkap, kapal, teknologi dan SDM. Kedepan hal ini akan ditingkatkan, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain itu lanjutnya, daerah setempat juga memiliki potensi budidaya perikanan darat. Akan tetapi, sama halnya dengan perikanan laut, potensi budidaya perikanan darat belum tergarap maksimal.

Terkait hal itu pihaknya mendorong agar Dinas Perikanan terus berupaya mendorong berkembangnya potensi budidaya perikanan darat untuk peningkatan ekonomi masyarakat di masa mendatang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Pesisir Selatan, Andi Syafinal mengatakan pada tahun ini pihak menyerahkan sejumlah bantuan yakni mesin tempel dan mesin longtail sebanyak 33 unit, perahu jukung 17 unit, jaring 160 set, asuransi nelayan 916 orang, bantuan benih ikan gurami 75.000 ekor dan pakan 3,5 ton.

Bantuan benih ikan nila 120.000 ekor dan pakan 10,4 ton, benih ikan lele 103.200 ekor dan pakan 11,2 ton, bantuan mina padi seluas 10 hektare dan lainnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar