Padang Panjang masuk 10 besar kota cerdas kategori kota kecil

id Kota Cerdas Indonesia,Kota Literasi,Padang Panjang

Padang Panjang masuk 10 besar kota cerdas kategori kota kecil

Kunjungan Tim RKCI ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padang Panjang. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Tim Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) dari Institut Teknologi Bandung (ITB) berkunjung ke Padang Panjang, Sumatera Barat karena masuk dalam sepuluh besar kota cerdas (Smart City) kategori kota kecil.

Ketua Tim RKCI Hendra Sandi di Padang Panjang, Senin, mengatakan kunjungan ke daerah itu pada Senin(7/10) dan Selasa(8/10) untuk melihat secara langsung langkah yang sudah diterapkan pemerintah setempat dalam membangun kota cerdas.

"Kunjungan kami bertujuan untuk memberikan masukan dalam membangun kota cerdas dan memberi solusi terhadap masalah yang dihadapi," katanya.

Pihaknya mengukur 93 kota di Indonesia yang kemudian dipilih sebanyak 30 kota terdiri dari 10 kota besar, 10 kota sedang dan 10 kota kecil.

"Setiap kota bisa belajar satu sama lain karena kota adalah tulang punggung negara jadi majunya kota-kota di Indonesia mendukung majunya negara," katanya.

Wakil Wali Kota Padang Panjang Asrul mengatakan daerah itu masuk dalam 10 besar RKCI diharapkan bisa menjadi pendorong semangat pemerintah meningkatkan kualitas sumber daya dan tata kelola pemerintahan.

Kunjungan tim tersebut menurutnya dapat dimanfaatkan oleh perangkat daerah untuk memperoleh informasi guna memperbaiki layanan yang memanfaatkan teknologi informasi.

Di hari pertama kunjungan, Tim RKCI mengunjungi layanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, RSUD Padang Panjang, Kelurahan Pasar Usang dan Public Safety Center (PSC) 119.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar