Pesisir Selatan Bangun Sirkuit Terintegrasi Pesantren

id Balap,Pesantren balapliar

Pesisir Selatan Bangun Sirkuit Terintegrasi Pesantren

Bupati Hendrajoni ketika meninjau lokasi pembangunan pesantren yang disekelilingnya direncanakan dibangun sirkuit balap sepeda motor. (ANTARA SUMBAR/Didi Someldi)

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan membangun sirkuit balap sepeda motor terintegrasi dengan pesantren berskala internasional di Kecamatan Lengayang, daerah setempat.

"Sesuai rencana di Kampung Sikabu, Lakitan, Kecamatan Lengayang akan dibangun pondok pesantren berskala internasional, sesuai rencana kami akan mengintegrasikan sirkuit balap sepeda motor dengan pesantren tersebut," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni ketika meninjau lokasi pembangunan pesantren di Lengayang, Minggu.

Ia mengatakan, pesantren akan dibangun di lahan seluas sembilan hektare dan satu hektare masih di lokasi yang sama akan dibangun pemukiman masyarakat kurang mampu. Keduanya merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya.

"Jadi sesuai rencana kami, sirkuit akan mengelilingi kawasan seluas 10 hektare tersebut," imbuhnya.

Kendati demikian ia menegaskan sirkuit tidak bisa digunakan begitu saja namun akan disesuaikan dengan kegiatan-kegiatan di pesantren.

"Namanya juga pesantren tentu para santri dan pengajar butuh ketenangan dan hal itu akan dipertimbangkan dalam penggunaan sirkuit, contohnya digunakan ketika masuk masa libur," kata dia.

Pesantren tersebut berkapasitas 1.000 santri dan akan dibangun oleh Yayasan Abdullah Al-Wadi dari Qatar, sementara pemukiman dengan kapasitas 75 unit rumah akan dibangun oleh Yayasan Saleema Fondation.

Ia menyebutkan jika rencana tersebut terwujud maka sirkut itu akan menjadi satu-satunya sirkuit permanen di daerah setempat.

"Dari informasi yang kami dapat hanya Kota Sawahlunto yang memiliki sirkuit permanen di Sumatera Barat dan jika rencana kami terwujud maka sirkuit permanen kedua ada di Pesisir Selatan," katanya lagi.

Dengan adanya sirkuit ia meyakini akan menjadi sebuah catatan sejarah dan kebangggan bagi masyarakat setempat, serta dapat merangsang munculnya atlet balap asal daerah itu.(*)